Pertanyaan yang Sering Diajukan
Halaman FAQ (Frequently Asked Questions) Universitas Sumatera Utara adalah tempat yang penting untuk memberikan informasi yang jelas dan mudah diakses kepada calon mahasiswa, mahasiswa, orangtua, dan pihak-pihak lain yang tertarik dengan universitas.
Jawaban atas pertanyaan umum yang mungkin dimiliki fakultas. Jika Anda memiliki pertanyaan lain, silakan hubungi kami.
- Umum
- Mahasiswa
- Dosen
- Tenaga Kependidikan
Umum
Cara Mendapatkan Perpindahan Mahasiswa PTN Lain ke USU
Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Tenaga Kependidikan Baru/Hilang/Rusak ke Staf ULT dengan membawa syarat : Surat Pengantar dari Unit/Lembaga/Fakultas atau formulir yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar Pegawai di USU.
- Pemohon Layanan datang untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Pegawai Baru/Hilang/Rusak dengan membawa syarat yang sudah ditentukan
- Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
- Staf ULT akan meneruskan permohonan ke LPSE melalui E-Ticketing/ langsung
- Admin/staf LPSE akan mencetakan ID Card dan meneruskan ke ULT
- Pemohon Layanan menerima output (ID Card baru)
Jangka Waktu Penyelesaian : 5 ( lima ) hari kerja
Mahasiswa
Bagaimana Cara Cetak Bukti SPP ?
Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Tenaga Kependidikan Baru/Hilang/Rusak ke Staf ULT dengan membawa syarat : Surat Pengantar dari Unit/Lembaga/Fakultas atau formulir yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar Pegawai di USU.
- Pemohon Layanan datang untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Pegawai Baru/Hilang/Rusak dengan membawa syarat yang sudah ditentukan
- Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
- Staf ULT akan meneruskan permohonan ke LPSE melalui E-Ticketing/ langsung
- Admin/staf LPSE akan mencetakan ID Card dan meneruskan ke ULT
- Pemohon Layanan menerima output (ID Card baru)
Jangka Waktu Penyelesaian : 5 ( lima ) hari kerja
Cara Pembuatan Email USU
Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan Pembuatan Email USU Mahasiswa dengan membawa syarat Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
- Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Pembuatan Email USU Mahasiswa dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
- Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
- Staf ULT akan membuat email usu mahasiswa sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
- Pemohon Layanan menerima output (Email Usu) yang berupa link yang dikirimkan ke alamat email aktif yang didaftarkan.
Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja
Cara Reset Password Portal Mahasiswa
Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Reset Password Portal ke Staf ULT dengan membawa syarat : Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Asli.
- Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Reset Password Portal dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
- Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
- Staf ULT akan melakukan perubahan password portal usu sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
- Pemohon Layanan menerima output (Password Baru)
Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja
Dosen
Bagaimana Cara Reset Password Email USU Dosen ?
Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Reset Password Email USU Dosen ke Staf ULT dengan membawa syarat ID Card Dosen .
- Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Reset Password Email USU Dosen dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
- Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
- Staf ULT akan melakukan perubahan password email usu dosen sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
- Pemohon Layanan menerima output (Password Baru) berupa link yang dikirimkan ke alamat email aktif yang didaftarkan.
Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja
Bagaimana Cara Pembuatan Email USU untuk Dosen ?
Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pembuatan Email USU Dosen ke Staf ULT dengan membawa syarat ID Card Dosen .
- Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Pembuatan Email USU Dosen dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
- Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
- Staf ULT akan membuat email usu dosen sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
- Pemohon Layanan menerima output (Email Usu) yang berupa link yang dikirimkan ke alamat email aktif yang didaftarkan.
Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja
Bagaimana Cara Mengajukan Pencetakan Id Card Dosen Baru / Hilang / Rusak ?
Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Dosen Baru/Hilang/Rusak ke Staf ULT dengan membawa syarat : Surat Pengantar dari Unit/Lembaga/Fakultas atau formulir yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar Dosen di USU.
- Pemohon Layanan datang untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Dosen Baru/Hilang/Rusak dengan membawa syarat yang sudah ditentukan
- Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
- Staf ULT akan meneruskan permohonan ke LPSE melalui E-Ticketing/ langsung
- Admin/staf LPSE akan mencetakan ID Card dan meneruskan ke ULT
- Pemohon Layanan menerima output (ID Card baru)
Jangka Waktu Penyelesaian : 5 ( lima ) hari kerja
Tenaga Kependidikan
Bagaimana Cara Mengajukan Pencetakan Id Card Tenaga Kependidikan Baru /Hilang/Rusak ?
Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Tenaga Kependidikan Baru/Hilang/Rusak ke Staf ULT dengan membawa syarat : Surat Pengantar dari Unit/Lembaga/Fakultas atau formulir yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar Pegawai di USU.
- Pemohon Layanan datang untuk mengajukan permohonan Pencetakan Id Card Pegawai Baru/Hilang/Rusak dengan membawa syarat yang sudah ditentukan
- Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
- Staf ULT akan meneruskan permohonan ke LPSE melalui E-Ticketing/ langsung
- Admin/staf LPSE akan mencetakan ID Card dan meneruskan ke ULT
- Pemohon Layanan menerima output (ID Card baru)
Jangka Waktu Penyelesaian : 5 ( lima ) hari kerja
Bagaimana Cara Reset Password Email USU Tenaga Kependidikan ?
Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Reset Password Email USU Tenaga Kependidikan ke Staf ULT dengan membawa syarat ID Card Pegawai/Tendik.
- Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Reset Password Email USU Tenaga Kependidikan dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
- Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
- Staf ULT akan melakukan perubahan password email usu tenaga kependidikan dosen sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
- Pemohon Layanan menerima output (Password Baru) berupa link yang dikirimkan ke alamat email aktif yang didaftarkan.
Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja
Bagaimana Cara Pembuatan Email USU untuk Tenaga Kependidikan ?
Silahkan pemohon layanan untuk mengajukan permohonan Pembuatan Email USU Tenaga Kependidikan ke Staf ULT dengan membawa syarat : ID Card Pegawai/Tendik.
- Pemohon Layanan datang untuk mengajukan Pembuatan Email USU Tenaga Kependidikan dengan membawa syarat yang sudah ditentukan.
- Staf ULT akan memverifikasi berkas layanan
- Staf ULT akan membuat email usu sesuai yang diminta Pemohon Layanan.
- Pemohon Layanan menerima output (Email Usu) yang berupa link yang dikirimkan ke alamat email aktif yang didaftarkan.
Jangka Waktu Penyelesaian : 1 ( satu ) hari kerja