English
Kanal Berita
Belajar Mengajar
Ditulis pada Jumat, 20 September 2013 PDF | PRINT

Rektor USU Terima Rektor Alzaem Alazhari University Sudan

MEDAN-USU : Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, M.Sc (CTM), Sp.A(K) menerima Rektor Alzaem Alazahri University Sudan, Prof. Mohamed Saeed Al-Khalaifa. Dalam kunjungan yang berlangsung hangat di ruang kerja rektor, Kamis (19/9) Mohamed Saeed didampingi Direktur Kantor Hubungan Internasional Dr. Ashraf Izzeldin Abdalla. Sementara Rektor USU didampingi Pembantu Rektor IV USU Prof. Ningrum Natasya Sirait, Dekan Fakultas Ilmu Budaya Dr. Syahron Lubis, Ketua Departemen Sastra Arab FIB USU Dr. Pujiati, serta Ketua KUI Dr. Asima dan staf pengajar FIB Hamdan Noor.

Dalam kesempatan itu Rektor USU antara lain memaparkan tentang sejarah USU yang sudah berusia 60 tahun. Selama 60 tahun usianya, USU sudah mengelola 14 (empat belas) fakultas. Dari seluruh bidang ilmu yang diasuh pada Fakultas dan Sekolah Pascasarjana untuk jenjang pendidikan Diploma, Sarjana, Profesi dan Pascasarjana, USU menyelenggarakan, 15 (lima belas) program Diploma – III dan 1 (satu) Diploma – IV, 47 (empat puluh tujuh) program studi sarjana (S-1), 6      (enam) program pendidikan profesi, 38 (tiga puluh delapan) program Magister (S-2), 22   dua puluh dua) program Doktor (S3) dan 22 (dua puluh dua) program pendidikan Spesialis. Berbanding keadaan Tahun Akademik 2012/2013, jumlah total program studi yang dikelola oleh USU meningkat dari 141 program studi pada tahun 2011 menjadi 151 program studi tahun 2012. Jumlah mahasiswa USU yang terdaftar hingga Agustus 2012 adalah 44.030 orang termasuk jumlah mahasiswa baru penerimaan SNMPTN dan UMB-PT untuk Program Sarjana 6.886 orang. Pada T.A.2011/2012, USU menghasilkan lulusan sebanyak 8.760 orang.

Sementara tamunya dari Sudan juga memaparkan tentang keberadaan Alzaem Alazahri University Sudan. Disebutkan, selain mengelola bidang ilmu pengetahuan, universitas itu juga mengelola fakultas bidang pendidikan keagamaan. Rektor Alzaem Alazahri University Sudan, juga memaparkan keberadaan sejarah berdirinya Negara Sudan. Usai pemaparan, Rektor Alzaem Alazahri University Sudan menawarkan program kerjasama dalam bidang pertukaran dosen dan mahasiswa kepada Rektor USU. Usai pertemuan diadakan tukar menukar cendera mata dan foto bersama. (ad/zn/humas)

  • Rektor Imbau Civitas Akademika USU Gunakan Hak Pilihnya Besok

    Medan-USU: Pemilihan Umum (Pemilu) adalah wujud dari pelaksanaan kedaulatan rakyat, karena melalui pemilu, rakyat akan terlibat secara langsung untuk menentukan arah pembangunan dan nasib bangsa kedepan. Oleh karena itu pemilu juga dapat dikatan, seb   Selengkapnya

  • ADI Gelar Muswil III

    Majelis Pengurus Wilayah Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Sumatera Utara menggelar Musyawarah Wilayah (MuswiL) III di ruang IMT-GT Gedung Biro Rektor USU, Sabtu (29/3). Kegiatan yang dibuka oleh Rektor USU Prof. Syahril Pasaribu tersebut turut dihadiri   Selengkapnya

  • Universite Lille 2, Perancis Jajaki Kerjasama Dengan USU

    MEDAN-USU: Universite Lille 2 Droit et Sante, Perancis menjajaki kerjasama khususnya bidang kedokteran dengan Universitas Sumatera Utara.

     

    Hal itu disampaikan Philippe Cordonnier   Selengkapnya