English
Kanal Berita
Riset
Ditulis pada Jumat, 5 Juli 2013 PDF | PRINT

BPTK Bogor Jalin Kerjasama Bidang Penelitian Karet Dengan USU

USU_Medan : Acara penandatanganan MoU USU dengan Balai Penelitian Teknologi Karet (BPTK) Bogor merupakan acara kerjasama dalam bidang Tri Dharma perguruan Tinggi antara USU dengan Pusat Penelitian Karet. Acara ini diadakan pada hari Kamis, 4 Juli 2013 sekitar pukul 09.00 WIB yang bertempat di Gedung Majelis Wali Amanat Lantai III gedung BPA USU.

Sementara Pimpinan BPTK Bogor mengatakan bahwa Balai Penelitian Teknologi Karet Bogor merupakan satu dari empat balai dalam Pusat Penelitian Karet yang bernaung di bawah Lembaga Riset Perkebunan Indonesia (LRPI), Badan Litbang, Departemen Pertanian. Ketiga balai penelitian lain adalah Balai Penelitian Sungai Putih, Balai Penelitian Sembawa, dan Balai Penelitian Getas dimana ketiga balai ini bergerak dalam bidang budidaya tanaman karet. Hanya BPTK Bogor yang khusus di bidang teknologi pasca panen karet. Mandat BPTK Bogor adalah melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang teknologi karet, terutama ke arah industri hilir. Menurutnya, saat ini BPTK Bogor dikelola oleh 15 orang peneliti dengan berbagai latar belakang kepakaran yang bertanggung jawab dalam tiga unit kelompok penelitian yaitu unit lateks, karet padat, serta rekayasa alat dan mesin pengolahan karet.

Program kerjasama dalam negeri terutama kepada perguruan tinggi dan lembaga non pemerintah terutama diarahkan untuk memacu pengembangan IPTEK serta mempercepat alih teknologi kepada pengguna hasil-hasil penelitian, khususnya pengusaha yang bergerak dibidang pertanian. Untuk luar negeri, kerjasama dimaksudkan untuk meningkatkan akses Indonesia terhadap metode dan teknologi yang relevan dan terkini yang telah dihasilkan pusat-pusat penelitian internasional.