English
Kanal Berita
Riset
Ditulis pada Senin, 9 Desember 2013 PDF | PRINT

Cikal USU Gelar Inotek 2013

Medan-USU: Puluhan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Sumatera Utara (Sumut) banjiri kegiatan Inovasi Teknologi (Inotek) USU tahun 2013 yang digelar di Cikal USU Medan, Kamis (5/12). Kegiatan tahunan ini digelar untuk mengembangkan usaha para pelaku UKM yang ada di Sumut.


Rektor USU, Prof. Syahril Pasaribu saat membuka acara menyebutkan bahwa Cikal USU sangat membantu mahasiswa dalam hal perpanjangan ilmu kewirausahaan. “Program ini juga sudah masuk dalam mata kuliah, terutama untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi,” ujarnya. Ia berharap lewat ajang ini mahasiswa dapat lebih terampil dan mandiri untuk mengelola usaha, manajemen SDM dan lainnya.

 

Sementara itu, Kepala Pusat Inkubator Bisnis USU, Prof. Ritha F Dalimunthe mengatakan antusias pelaku UKM tahun ini lebih baik dibandingkan antusias pelaku UKM pada Inotek sebelumnya. Tahun ini, para pelaku UKM yang ada di Sumut juga lebih mandiri. “Alhamdulilah selama kita dampingi, mereka mulai mandiri. Kemajuannya juga sudah terlihat secara perlahan. Mulai dari kemajuan dalam peningkatan SDM hingga kemajuan pada kualitas produk,” ucap Ritha kepada wartawan usai pembukaan Inovasi Teknologi (Inotek) USU tahun 2013. Untuk kemajuan produk, para pelaku UKM ini sudah meletakan merek dari produk yang mereka hasilkan. Bukan hanya itu, tampilan dari produk makanannya juga kelihatan lebih menarik. “Mereka sudah mengurus izin kehalalan maupun izin lainnya. Bukan hanya itu, beberapa di antara mereka juga sudah bisa jadi pembina untuk para pelaku UKM lainnya,” kata Ritha.

 

Sebagian besar dari pelaku UKM yang hadir merupakan binaan dari Cikal USU yang sebagian besar merupakan mahasiswa dan masyarakat umum. Pelaku UKM-UKM ini tak hanya berasal dari Medan, melainkan juga berasal dari Kota Binjai maupun Deliserdang. Usaha yang mereka hasilkan juga tidak lagi sekedar usah rumahan, melainkan sudah masuk pada industri besar dan lainnya. “Untuk pelaku UKM yang berasal dari mahasiswa sendiri, ini ajang bagi mereka untuk melatih diri dalam bidang berwirausaha. Disinilah proses dan praktik mereka dalam ilmu manajemen. Tak hanya itu, disini juga mereka belajar membangun jaringan yang lebih luas,” tambahnya.
 

Terakhir pelaku UKM yang hadir, Lindawati sangat mengapresiasi adanya pameran UKM seperti ini. “Ini sangat membantu mengembangkan usaha kita. Biasanya saya hanya menjual Sarabi ini di kelurahan saja. Tapi sekarang mulai bisa memperkenalkan usaha saya dengan produk yang lebih menarik,” katanya.(hr analisa/humas)

  • Tim Toba USU Finalis Danone Young Social Entrepeneur 2014

    MEDAN-USU: Tim Toba USU yang merupakan mahasiswa dari beberapa fakultas berhasil menjadi finalis dalam Danone Young Social Entrepeneur 2014. Kegiatan itu berlangsung dari 10-12 Juni di kantor pusat PT. Danone Indonesia di Kuningan, Jakarta dan diikut   Selengkapnya

  • USU Terima Kunjungan Rhode Island University

    Medan-USU: Pembantu Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Sumatera Utara Prof. Ningrum Natasya Sirait yang sekaligus mewakili Rektor USU menerima rombongan dari Universitas Rhode Island Kingstone Amerika Serikat, Rabu (21/5/14) di ruang   Selengkapnya

  • USU Terima Kunjungan Rhode Island University

    Medan-USU: Pembantu Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Sumatera Utara Prof. Ningrum Natasya Sirait yang sekaligus mewakili Rektor USU menerima rombongan dari Universitas Rhode Island Kingstone Amerika Serikat, Rabu (21/5/14) di ruang   Selengkapnya