English
Kanal Berita
Belajar Mengajar
Ditulis pada Jumat, 1 Mei 2009 PDF | PRINT

Bimbingan Pendaftaran Online UMB-SPMB

Mengantisipasi Universitas Sumatera Utara (USU) membuka jadwal bimbingan pendaftaran on-line (dalam jaringan) bagi pendaftar Ujian Masuk Bersama Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (UMB-SPMB) Tahun Akademik (TA) 2009/2010.

”Bimbingan yang disebut ”pengarahan pendaftaran on-line” itu sebagai antisipasi atas minimnya informasi di kalangan pendaftar,” kata Ketua Panitia Lokal (PL) UMB-SPMB USU dan Sekretaris, Prof Sumono dan drg Saidina Hamzah Dalimunthe melalui Penanggung Jawab Informasi, Bisru Hafi SSos MSi, Rabu (29/4).

Dijelaskan, bimbingan ini dipusatkan di Kantor PL UMB-SPMB USU (gedung Cikal), Jalan dr Mansyur, Kampus Padang Bulan. Bimbingan diadakan dua kali sehari setiap hari kerja.

Sesi pertama dimulai pukul 10.00 WIB, sementara sesi kedua jam 12.00 WIB. ”Setiap hari digelar dua sesi, kecuali pada setiap Jumat yang hanya sekali sehari pada pukul 10.00,” papar Bisru.

Pada TA 2009/2010 ini, UMB-SPMB menggunakan cara baru, yakni pendaftaran dilakukan secara on-line, tidak lagi secara manual seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Pendaftaran on-line yakni dengan memanfaatkan nomor pendaftaran dan nomor identitas individu (personal identification number/PIN) yang diperoleh ketika calon pendaftar membayar uang pendaftaran ke bank yang ditunjuk (Bank BNI).

”Dengan nomor pendaftaran dan PIN inilah kemudian calon peserta melakukan registrasi atau pendaftaran secara on-line dalam situs www.spmb.or.id,” terang Bisru seraya menambahkan, setiap peserta dapat memilih maksimal empat program studi berbeda dari dua perguruan tinggi negeri (PTN) yang bergabung melaksanakan UMB-SPMB.

Sebanyak tujuh PTN bergabung menggelar penerimaan mahasiswa baru melalui jalur ini. Ketua PTN tersebut ialah Unsyiah Banda Aceh, USU Medan, Universitas Jambi, UI Jakarta, UIN Jakarta, dan UIN Makassar.

Di bagian lain keterangannya, Penanggung Jawab Informasi PL UMB-SPMB USU ini menyebutkan, sampai kemarin (29/4), sebanyak 1.150 orang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran di PL USU.

Rinciannya; 572 orang mendaftar dalam kelompok Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), 246 orang untuk kelompok sosial (IPS) dan 332 orang untuk kelompok campuran (IPC).

Dari jumlah itu, sebanyak 464 orang di antaranya sudah mendaftar on-line dengan perincian untuk kelompok IPA 253 orang, kelompok IPS 101 orang dan kelompok IPC 110 orang.(Sumber: Analisa, Kamis,30 April 2009)