Media Sosial USU Menjadi yang Terbaik Kategori PTN

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Roni Hikmah Ramadhan

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Jakarta-Tim Promosi: Universitas Sumatera Utara (USU) dinobatkan menjadi The Best of University’s Social Media dengan predikat Silver Medal dalam penganugerahan SPS Awards ke-15 Tahun 2024 di Jakarta pada Selasa (30/4/2024). Penganugerahan tersebut diselenggarakan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) untuk mengapresiasi karya jurnalistik media, pers kampus, serta korporasi/institusi di seluruh Indonesia."

Januar P Ruswita, Ketua Umum Serikat Perusahaan Pers (SPS) Terpilih periode 2023-2027 pada sambutannya mengatakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) sebagai organisasi perusahaan pers tertua yang lahir 78 tahun lalu, dimana sebagian besar anggotanya adalah perusahaan-perusahaan media cetak. Penghargaan ini dilakukan untuk memotivasi dan mengapresiasi para pengelola media cetak, untuk ke 15 kalinya menyelenggarakan SPS Award.

“Dalam 10-20 tahun terakhir ini teknologi digital berkembang sangat pesat. Tidak terkecuali industri media, termasuk media cetak, televisi, radio ikut terdampak. Pers harus kita dorong sebagai bagian agen perubahan kehidupan yang lebih baik, dan bagian pencerdas bangsa. Industri media yang dalam hal ini media cetak tetap setia terbit dengan produk-produk jurnalistik yang mengedepankan jurnalisme berkualitas dan bertanggung jawab,” katanya.

USU masuk dalam Kategori Indonesia Digital Media Awards (IDMA) Sub Kategori Media Sosial Universitas Terbaik Indonesia. Turut pula Universitas Indonesia (UI) meraih predikat yang sama. Hal ini menjadikan hanya USU dan UI perguruan tinggi yang memperoleh anugerah tersebut. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Koordinator Promosi USU, Zulfahmi Purba.

Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si mengapresiasi pencapaian yang diraih USU, terutama dalam upaya promosi melalui kanal sosial media. Ia menyebutkan jika USU memang memasang target tinggi sebagai kampus digital untuk merespon perkembangan zaman.

“Dalam beberapa tahun terakhir, USU melakukan transformasi besar di beberapa sektor, salah satunya dalam hal promosi. Kita mencoba untuk mengikuti perkembangan dan masuk ke dalam dunia generasi muda saat ini. Oleh karena itu, media sosial menjadi salah satu sarana yang kita fokuskan,” ujarnya.

Ia menegaskan jika pencapaian ini sebagai motivasi untuk lebih baik lagi. Berbagai kerja sama pun akan dilakukan untuk memperluas jangkauan informasi USU. Seperti diketahui selain konten yang menarik, sebaran jangkauan informasi turut memengaruhi. USU telah membuka kanal informasi melalui beberapa media arus utama seperti Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, hingga X.

Sebagai informasi, jumlah entry tahun ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. SPS Award 2024 diikuti oleh 719 entry, yang terdiri dari 299 entry kategori Indonesia Print Media Awards (IPMA), 205 entry kategori Indonesia inhouse Magazine Awards (InMA), 12 entry kategori Indonesia Young Readers Awards (IYRA), 85 entry kategori Indonesia Students Media Awards (ISMA), dan 118 entry kategori Indonesia Digital Media Awards (IDMA).

Prestasi
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down