A11Y

HOME

MENU

CARI

BKPM Berikan NIB untuk Pelaku UMKM di USU

Diterbitkan Pada24 Juli 2022
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
BKPM Berikan NIB untuk Pelaku UMKM di USU
Copy Link
IconIconIcon

Kepala Badan Pengembangan Riset Inovasi (BPRI) USU Buchari, S.t., M.Kes memberikan NIB kepada Embun Suci Nasution S.Si. Apt., M.Farm.Klin dosen Fakultas Farmasi. Embun Suci mengaku, USU andil langsung memfasilitasi ia beserta tim dalam hal sertifikasi NIB.

HUMAS USU - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaksanakan Pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) Bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang berlangsung di Gelanggang Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) pada Kamis, (21/07/2022).


Pada acara tersebut, Kepala Badan Pengembangan Riset Inovasi (BPRI) USU Buchari, S.t., M.Kes memberikan NIB kepada Embun Suci Nasution S.Si. Apt., M.Farm.Klin dosen Fakultas Farmasi. Embun Suci mengaku, USU andil langsung memfasilitasi ia beserta tim dalam hal sertifikasi NIB.


“Alhamdulillah dari USU sendiri sudah membantu fasilitasi saya dan juga tim,” kata Embun Suci.


Selain memfasilitasi terbitnya sertifikasi NIB, USU juga akan memfasilitasi isin terbit produk dan juga halal MUI. Adapun produk yang diproduksi oleh Embun Suci, di antaranya ialah yougurt, tahu, dan anti diabetes alai yang berasal dari sari tebu.


“Insyaallah ke depannya untuk memfasilitasi izin terbit produk dan juga halal MUI,” imbuhnya.


Kepala Badan Pengembangan Riset Inovasi (BPRI) USU Buchari, S.t., M.Kes menyampaikan bahwa mengembangkan potensi usaha mahasiswa dan dosen merpakan tugas dari Badan Pengembangan Riset Inovasi USU. Seperti memfasilitasi sertifikasi izin usaha.


“Sama halnya dengan mahasiswa juga, mereka kita fasilitasi untuk mendapatkan sertifikasi izin usaha,” ucap Buchari.


Buchari menjelaskan, sebelum usaha pelaku UMKM masuk ke investasi, awalnya terdapat tahapan berupa proses inkubasi oleh BPRI dengan syarat terlebih dahulu memiliki NIB. Bagi mahasiswa yang belum memiliki NIB, nanti akan dibina oleh BPRI USU.


“Jadi sebelum mereka masuk ke investasi kita, kepada fase proses diinkubasi oleh badan pengembangan inovasi,” jelasnya.


Di akhir Buchari berpesan agar tidak ragu untuk berusaha mulai dengan ide yang kreatif. Kemudian jalankan usaha dan mendapatkan izin usaha yang nantinya BPRI USU akan memfasilitasi para usahawan USU mendapatkan sertifikasi.


“Jadi pesan saya jangan ragu untuk berusaha mulai dengan ide yang kreatif kemudian jalankan kemudian dapatkan ijin usaha,” katanya.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: - - -

Photographer: Muhammad Andriansyah - Humas

Berita
Inovasi

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?