A11Y

HOME

MENU

CARI

Kembangkan Riset, USU Gandeng UiTM, UM dan UPM

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Kembangkan Riset, USU Gandeng UiTM, UM dan UPM
WhatsappTwitterFacebook

"Kegiatan pengembangan riset dan publikasi ilmiah bersama ini dilakukan dalam rangka meningkatkan reputasi USU dalam kancah penelitian global, serta untuk meningkatkan jumlah publikasi dosen, terutama yang berbasis kolaborasi internasional."

HUMAS - FAHUT : Dalam rangka mengembangkan program riset kolaborasi unggulan universitas dan pengembangan jejaring riset global melalui Kluster Keilmuan (Scientific Cluster), tim riset gabungan yang terdiri dari dosen Fakultas Kehutanan, dosen serta mahasiswa Program Doktor Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan SPs USU, melakukan serangkaian kegiatan di Kuala Lumpur, Malaysia.


Kegiatan tersebut antara lain diikuti oleh Universiti Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam, Universiti Malaya (UM), Universiti Putra Malaysia (UPM), dan UiTM Puncak Alam. Rangkaian kegiatan meliputi Focus Group Discussion (FGD) untuk pembahasan topik riset pengembangan, pembahasan dan penandatanganan MoA, melaksanakan International Conference, Internal Mobility Staff, dan Scientific Article Writing Workshop. Kegiatan pengembangan riset dan publikasi ilmiah bersama ini dilakukan dalam rangka meningkatkan reputasi USU dalam kancah penelitian global, serta untuk meningkatkan jumlah publikasi dosen, terutama yang berbasis kolaborasi internasional.


Rangkaian kegiatan yang didanai dari Progam Equity dan Penelitian Talenta USU ini diawali dengan pembahasan program kerja sama di Gedung Persatuan Alumni University Malaya pada Minggu, 28 April 2024. Assoc Prof Dr Ir Secca Gandaseca, M.Sc, mewakili tuan rumah menyambut dengan sangat baik tim USU yang terdiri dari Prof Dr Ir Abdul Rauf, MS, Prof Rahmawaty, S.Hut, M.Si, Ph.D (SPs USU), Prof Dr Ir Agus Purwoko, S.Hut, M.Si, Dr Ir Pindi Patana, S.Hut, M.Sc, (Fakultas Kehutanan), Ridahati Rambey, S.Hut, M.Si, dan Syawal Fitrah Harahap, SP, MP (Program Doktor PSL SPs USU). Kegiatan hari pertama diisi pembahasan program kerja sama dengan Institute for Biodiversity and Sustainable, UiTM Puncak Alam, dipimpin oleh Direktur Atta Ur-Rahman Institut for Natural Product Discovery, Assoc Prof CHM Dr Fatimah Salim, B.Sc, Ph.D.


Kegiatan dilanjutkan keesokan harinya dengan menjadi pemakalah dan peserta pada 12th International Conference and Exhibition Geospatial and Remote Sensing yang dilaksanakan oleh jaringan Institution of Geospatial and Remote Sensing Malaysia. Pada hari ke-tiga (30 April 2024) dilaksanakan FGD kerja sama Riset Kolaboratif dan Rencana Pengembangan Kluster Keilmuan menjadi Pusat Unggulan IPTEK “Ko-Eksistensi Manusia-Satwaliar” pada Fakultas Kehutanan USU. Kegiatan terakhir berupa Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Kolaboratif antara USU, UITM, UPM dan UM. Di sela-sela kegiatan tersebut telah dilaksanakan penandatanganan MoA antara Fakultas Kehutanan dan SPs USU dengan Institut Biodiversiti dan Pembangunan Lestari (IBSD) UiTM Shah Alam, yang dipererat dengan serahterima cendera mata dan pemakaian Ulos Batak kepada mitra kolaborasi USU. Seluruh rangkaian kegiatan pada hari Selasa (30 April) tersebut dilaksanakan di Sekretariat Institut Biodiversiti dan Pembangunan Lestari (IBSD) Universiti Teknologi MARA Shah Alam. Rangkaian acara hari ketiga tersebut dibuka oleh Prof Dr Yarina Ahmad selaku Direktur Institut Biodiversiti dan Pembangunan Lestari, dimana beliau menyambut dengan sangat baik kedatangan tim USU.


Selain direktur, tim dari UiTM antara lain, Assoc Prof Seca Gandaseca, Assoc Prof Dr Siti Aekbal Salleh, Dr Muhammad Fuad Abdullah, Dr Faezah Pardi, Prof Ts Dr Mohd Nazip Suratman, dan Dr Mohd Iqbal Mohd Noor. Dari Universiti Malaya diwakili oleh Dr Peter Aning Tedong. Adapun perwakilan dari UPM yaitu Prof Dr Mohd Hasmadi Ismail, Ph.D.


Rangkaian kegiatan Workshop Penulisan ilmiah ini menghasilkan sedikitnya 20 naskah publikasi ilmiah bersama antar universitas yang sudah dan akan segera dpublikasikan pada berbagai jurnal internasional bereputasi (terideks Scopus Q3 hingga Q1). Penulisan artikel ilmiah bersama ini bertujuan untuk menaikkan reputasi perguruan tinggi pada kancah global dan peringkat universitas pada QS World University Rangking (QS WUR). Rangkaian kegiatan bersama diakhiri dengan adanya kesepakatan untuk melakukan kunjungan balik ke Indonesia, khususnya Universitas Sumatera Utara, guna melaksanakan tindak lanjut penelitian serta berbagai bentuk implementasi kerja sama lainnya (AP/RJ).

 



Author: Renny Julia - staf humas

Interviewee: Prof. Dr. Ir. Agus Purwoko, S.Hut., M.Si. - WD II Fahut USU

Photographer: istimewa - istimewa

Berita
Kerja Sama

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?