A11Y

HOME

MENU

CARI

Sosialisasi Magang MBKM USU dengan BPJS Ketenagakerjaan

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Sosialisasi Magang MBKM USU dengan BPJS Ketenagakerjaan
WhatsappTwitterFacebook

"Salah satu kegiatan utamanya adalah program magang selama satu semester, yang berlangsung selama 3-4 bulan sesuai kalender akademik, jelas WR I USU"

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Magang Mitra USU Semester Ganjil T.A. 2024/2025 kepada Perusahaan Peserta BPJS Ketenagakerjaan. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan Medan Kota dan berbagai perusahaan mitra BPJS. Berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting, pada Jumat (12/07/2024).

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian USU, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., menjelaskan mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Beliau memaparkan bahwa program MBKM memiliki beragam kegiatan, seperti Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, KKN Tematik, Magang Bersertifikat, Studi Independen, kegiatan kemanusiaan, dan kegiatan bela negara.

“Salah satu kegiatan utamanya adalah program magang selama satu semester, yang berlangsung selama 3-4 bulan sesuai kalender akademik,” jelas Dr. Edy.

Dalam konteks magang, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., menjelaskan bahwa mahasiswa akan menjalani magang yang lebih terstruktur dan terukur, berbeda dengan program magang sebelumnya. Mereka akan dibekali modul pembelajaran yang disusun melalui komunikasi antara perusahaan mitra BPJS dengan program studi di USU. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan bimbingan dari mentor di perusahaan dan universitas.

“Mahasiswa akan mengikuti kontrol dan evaluasi untuk memastikan bahwa mereka memperoleh wawasan, pengetahuan, dan pengalaman praktis yang relevan. Program ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengejar passion dan minat yang lebih luas,” tutur Dr. Edy.

Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., menekankan pentingnya kerja sama antara USU dan BPJS Ketenagakerjaan serta perusahaan mitra untuk memberikan peluang lebih besar kepada mahasiswa mengikuti program MBKM. Dengan target partisipasi sekitar 6.000 mahasiswa per semester, USU berkomitmen untuk mendukung kegiatan di luar kampus bagi mahasiswanya.

“Saya berharap acara ini dapat meningkatkan kolaborasi dan memberikan manfaat besar bagi mahasiswa USU,” harap Dr. Edy.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Medan Kota, Jefri Iswanto dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasih atas sinergi yang terbangun antara USU dan BPJS Ketenagakerjaan. Beliau menyampaikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan binaan BPJS yang berpartisipasi dalam program ini dan berharap program magang ini dapat terus berkembang ke depannya.

Jefri Iswanto juga menegaskan komitmen BPJS Ketenagakerjaan untuk mendukung program ini dan siap membantu dalam sosialisasi kepada perusahaan-perusahaan mitra. Beliau berharap program magang ini dapat memberikan manfaat besar bagi mahasiswa dan membantu mereka siap menghadapi dunia kerja dengan kompetensi yang lebih tinggi.

"Intinya adalah kami ingin membantu anak-anak kita yang ingin menambah kompetensi dirinya sebelum memasuki dunia kerja. Kami berharap partisipasi dari perusahaan mitra kami dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan yang diperlukan," ujar Bapak Jefri.

Berita
SDGs 4
SDGs
SDGs 8

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?