A11Y

HOME

MENU

CARI

5.396 Peserta SMM USU Perebutkan 2.891 Kursi

Diterbitkan Pada17 Juli 2024
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
5.396 Peserta SMM USU Perebutkan 2.891 Kursi
Copy Link
IconIconIcon

Kenapa turun? Karena yang lulus ujian SNBT kan nggak boleh daftar ujian mandiri, otomatis ada penurunan, jelas Rektor USU.

 

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU)  melangsungkan ujian seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) Tahun 2024 pada Rabu-Kamis, (17-18/07/2024). Ujian dilaksanakan di 16 titik lokasi di lingkungan USU dengan diikuti sebanyak 5.396 peserta.

Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin., S.Sos, M.Si, mengatakan jumlah peserta SMM tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, yang mencapai sekitar 6.000 peserta. Penurunan ini disebabkan oleh peraturan baru yang melarang peserta yang telah lulus Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) untuk mendaftar ujian mandiri.

"Kenapa turun? Karena yang lulus ujian SNBT kan nggak boleh daftar ujian mandiri, otomatis ada penurunan," jelas Rektor USU.

Menanggapi hal tersebut, rektor mengatakan kebijakan tersebut ada untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang belum lulus untuk berkompetisi sekali lagi.

"Kalau misalnya yang udah lulus (SNBT) tetap daftar lagi kan berarti yang belum lulus itu peluangnya kecil," ujar rektor.

Daya tampung program ujian mandiri tahun ini tercatat sebanyak 2.891 peserta dengan rincian program S-1 sebanyak 2692 orang, program D-4 sebanyak 109 orang, dan program D-3 sebanyak 90 orang.

Peserta ujian mandiri dapat memilih minimal 1 program studi S-1 atau Vokasi dan maksimal 4 program studi dengan maksimal 2 prodi S-1 dan 2 Prodi Vokasi.

Lebih lanjut Rektor USU menyampaikan bahwa Uang Kuliah Tunggal (UKT) calon mahasiswa baru jalur Mandiri sama dengan mahasiswa jalur reguler, yang membedakan hanya Iuran Pengembangan Institusi (IPI) sesuai jenjang. Namun, calon mahasiswa baru tetap dapat mengajukan banding.

"Jadi kalau (ada) yang nggak sanggup, (boleh) ajukan saja surat-surat untuk mengajukan keringanan uang kuliah," tutur Rektor.

Terakhir, rektor berharap pelaksanaan ujian seleksi mandiri hingga esok dapat berjalan sesuai rencana tanpa hambatan, serta semua peserta dapat mencapai hasil yang diinginkan.

Berita
carousel
Headline
SDGs 4
SDGs
SDGs 10
SDGs Headline

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?