A11Y

HOME

MENU

CARI

Fakultas Kehutanan USU Awali Dies ke-10 dengan Launching Pembangunan Taman Koleksi Bambu Dunia

Diterbitkan Pada17 Oktober 2024
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
Fakultas Kehutanan USU Awali Dies ke-10 dengan Launching Pembangunan Taman Koleksi Bambu Dunia
Copy Link
IconIconIcon

"Perguruan tinggi tentu harus ambil langkah dalam hal mengedukasi masyarakat agar berwawasan lingkungan yang dapat diwujudkan oleh Fakultas Kehutanan USU. Agar masyarakat lebih peduli kepada lingkungan yang mana akan berdampak pada keberlanjutan," ujar WR II USU.

HUMAS USU - Salah satu rangkaian kegiatan dari Dies Natalis Fakultas Kehutanan (Fahut) Universitas Sumatera Utara (USU) yang berlangsung pada Rabu, (16/10/2024) adalah Lokakarya Pembangunan Taman Koleksi Bambu Dunia sebagai pembuka. Launching sukses diadakan di Kampus 2 Kwala Bekala USU.

Mewakili Rektor USU, Dr. Muhammad Arifin Nasution S.Sos., M.SP., selaku Wakil Rektor II USU mengapresiasi prestasi yang telah ditorehkan oleh Fahut USU, salah satunya adalah berhasil meraih peringkat 1 skor SINTA di lingkungan USU. Oleh karena itu, harapan agar Fahut USU menjadi leader dalam upaya upaya konservasi dan pelestarian hutan, serta pemanfaatan sumber daya hutan secara bijaksana demi kesejahteraan rakyat dan keutuhan kawasan hutan di masa mendatang adalah poin yang ditekankan oleh WR II USU.

Fahut USU saat ini telah memiliki 7 Pusat Unggulan Iptek, antara lain adalah Pusat Studi Iptek Mangrove, Pusat Studi dan Kajian Kehutanan Sumatera JATI, Pusat Kajian Lanskap, Pusat Kajian dan Pengembangan Perhutanan Sosial, Pusat Kajian Keanekaragaman Hayati dan Lingkungan, Pusat Kajian Pengelolaan Hutan Tropika dan Pusat Unggulan IPTEK Bambu. Sehingga, Arifin optimis bahwa Fahut USU dapat memaksimalkan perannya melalui penggalian sumber daya dan potensi yang mereka miliki.

Tidak hanya menjadi pusat inovasi, namun Fahut juga diharapkan dapat mengelola sumber daya hutan dengan baik terutama dalam menghadapi perubahan iklim dan keberlanjutan lingkungan. Tentu dalam menyokong hal ini, keterlibatan mahasiswa sangat diperlukan agar memperkuat pengalaman praktis mereka.

"Perguruan tinggi tentu harus ambil langkah dalam hal mengedukasi masyarakat agar berwawasan lingkungan yang dapat diwujudkan oleh Fakultas Kehutanan USU. Agar masyarakat lebih peduli kepada lingkungan yang akan berdampak pada keberlanjutan," ujar WR II USU.

Dekan Fahut USU, Dr. Rudi Hartono S.Hut., M.Si., menyebutkan salah satu kekuatan dari Fakultas Kehutanan adalah lokasinya yang sangat luas. Keuntungan ini mendorong potensi-potensi baru seperti kegiatan launching Pembangunan Taman Koleksi Bambu Dunia ini. Dekan berharap kegiatan dies yang akan terlaksana ke depannya dapat merangkul para alumni untuk menjalin kolaborasi dan juga para instansi.

"Fahut USU tahun ini akan melaksanakan akreditasi internasional, kami harap hasilnya akan memuaskan yang akan berdampak tidak hanya pada Fahut saja namun Universitas Sumatera Utara," tambah Dekan Fahut USU.

Rangkaian kegiatan dies kali ini sangat beragam. Ketua Dies Natalis ke-10 Fahut USU, Dr. Ridwanti Batubara S. Hut M. P., menjabarkan mulai dari pengadaan pertandingan olahraga, Forest Got Talent, funwalk dan masih banyak lagi dengan tanggal 28 November 2024 sebagai puncaknya.

Tema yang diusung tahun ini bertujuan dalam rangka pelestarian dan pemanfaatan bambu yang nantinya akan mengumpulkan jenis-jenis bambu di seluruh dunia. Dr. Ir. Luthfi Hakim S. Hut. M. Si IPU ASEAN E.ng., selaku Sekretaris PUI Bambu USU menjelaskan bahwa bambu tersebut akan dikumpulkan secara bertahap, mulai dari bambu sumatera hingga bambu-bambu yang ada di dunia.

Berita

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?