A11Y

HOME

MENU

CARI

FMIPA USU Kembali Gelar Kompetisi Matematika

Diterbitkan Pada22 Mei 2024
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
FMIPA USU Kembali Gelar Kompetisi Matematika
Copy Link
IconIconIcon

Pertama itu kami ingin mewujudkan salah satu tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang sesuai dengan alinea 4 UUD 1945. Selain itu juga kami ingin mewujudkan salah satu tri darma universitas, yaitu pengabdian kepada masyarakat, kata Ketua Panitia MSC 2024



HUMAS USU - Himpunan Mahasiswa Matematika (HMM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sumatera Utara (USU) kembali menggelar Mathematics Science Competition (MSC) 2024. Kegiatan berlangsung di Gelanggang Mahasiswa pada Jumat, (18/05/2024).


Gani Asbahari Tanjung sebagai ketua panitia menyampaikan tujuan dari MSC ialah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan mengabdikan diri kepada masyarakat, sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 


”Pertama itu kami ingin mewujudkan salah satu tujuan pendidikan nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa yang sesuai dengan alinea 4 UUD 1945. Selain itu juga kami ingin mewujudkan salah satu tri darma universitas, yaitu pengabdian kepada masyarakat,” tutur Gani.


MSC 2024 yang bersifat offline ini mengundang partisipasi siswa-siswi SMP dan SMA sederajat di Sumatera Utara. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan semangat kompetisi dan pengetahuan di kalangan pelajar, serta memperkenalkan program kerja besar dari HMM FMIPA USU.


”Lalu tujuan kami pribadi yaitu memperkenalkan bahwasannya HMM punya progja yang besar,” ujar Gani.


MSC adalah program tahunan yang telah terlaksana sejak tahun 2008, namun vakum pada tahun 2019 dan 2020 dikarenakan pandemi COVID-19. Sebelum pandemi, MSC berlangsung dengan format kompetisi biasa yang diiringi hiburan seperti nyanyian dan tari. Namun, tahun ini, Gani mengatakan panitia menghadirkan konsep baru dengan mengadakan talkshow. Tujuannya adalah mengubah pandangan terhadap matematika, sehingga kegiatan ini tidak hanya sekadar olimpiade, tetapi juga menjadi sarana belajar yang menyenangkan. Talkshow itu sendiri menghadirkan Ripayandi David AJP atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ripa AJP sebagai bintang tamu.


Acara ini dihadiri oleh Direktur Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian (DITMAWA) USU, Rahma Yurliani, S.Psi., M.Psi., perwakilan Dekan FMIPA, Dr. Cut Fatima Zuhra S.Si. M.Si., serta beberapa tamu penting seperti perwakilan Gubernur Sumatera Utara, Ir. Abdul Haris Lubis M.Si., perwakilan Walikota Medan, Mansyur Syah S.Sos. MAP., serta sponsor utama kegiatan ini yaitu Pimpinan Cabang Pegadaian Padang Bulan, Ibu Fauziah Husna Ginting.


Gani menyampaikan hrapan besar yang ditujukan kepada para peserta agar semangat berkompetisi dan semangat belajar mereka semakin tinggi. 


"Harapan kami juga peserta ini pulang tidak hanya membawa kekecewaan tetapi mereka bawa ilmu paling ke rumah," tutur Gani.


MSC 2024 ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara dan memperkuat semangat kompetisi di kalangan generasi muda.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Gani Asbahari Tanjung - Ketua Panitia MSC 2024

Photographer: Amri Simatupang - Humas

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?