A11Y

HOME

MENU

CARI

IKA USU Ajak Tanam 20.000 Mangrove

Diterbitkan Pada14 Juni 2024
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
IKA USU Ajak Tanam 20.000 Mangrove
Copy Link
IconIconIcon

Dalam audiensi ini IKA-USU yang di prakarsai oleh PUI, LPPM dan KADIN Sumut, mengajak USU untuk melakukan kerja sama dalam penanaman serentak 20.000 bibit mangrove. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung hari lingkungan yang jatuh pada tanggal 8 Juni 2024.


HUMAS USU - Rektor Universitas Sumatera Utara(USU) Prof.Dr Muryanto Amin S.Sos M.Si menerima audiensi dari Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA-USU) wilayah Sumatera Utara. Kegiatan ini berlangsung Ruang Audiensi Rektor pada Selasa 11/06/2024.


Dalam audiensi ini IKA-USU yang di prakarsai oleh PUI, LPPM dan KADIN Sumut, mengajak USU untuk melakukan kerja sama dalam penanaman serentak 20.000 bibit mangrove. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung hari lingkungan yang jatuh pada tanggal 8 Juni 2024. Ir.H.Murlan Tamba, M.M Selaku Ketua Harian PW IKA USU dengan Ameilia Zuliyanti Siregar, M.Sc,Ph.D selaku Ketua Panitia Penanaman Mangrove IKA USU mengundang langsung Rektor USU untuk membuka acara tersebut yang akan diadakan pada 22/06/2024 di Desa Beras Basah Kabupaten.


“Ya, kami mengundang pak Rektor untuk datang dan membuka langsung acara tersebut,” ujar Ketua Panitia Penanaman Mangrove IKA USU.


Ameilia Zuliyanti Siregar,M.Sc,Ph.D menambahkan bahwa kegiatan penanaman mangrove ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan setelah sebelumnya menanam 10.000 bibit mangrove. Ameilia Zuliyanti Siregar,M.Sc,Ph.D mengatakan di sana banyak Sumber Daya Alam yang dapat dikembangkan salah satunya adalah budidaya Trigona yang telah dikembangkan dengan PUI Mangrove sebagai Produk Unggulan Inovasi yang akan di Launching nantinya dengan nama USU sebagai labeling produk.


”Karena kan serangkaian acara dalam proses penanaman mangrove sebanyak 20.000 bibit yang disumbang dari BPDAS dengan proses transportasi yang dilakukan ke USU dan loadingnya mungkin akan dimulai dalam Minggu ini. Bibit tersebut kemudian yang kedua kita akan konsentrasi karena di sana sebenarnya banyak sekali sumber daya alam, termasuk salah satu adalah budidaya trigona yang sudah kita kembangkan dengan PUI mangrove dan ini akan kita kembangkan kedepannya sebagai produk unggulan inovasi yang akan di-launching nantinya dengan nama USU yang akan berlabel di sana,” jelasnya.


Dengan ini diharapkan adanya kegiatan lanjutan seperti proses penanaman untuk mendukung SDGs yang ada di dunia, termasuk juga sumber oksigen yang akan dihasilkan beserta dengan sumber perikanan yang ada juga di sana yang bisa dikembangkan. Selain itu partisipasi pemberdayaan alumni juga diharapkan untuk kegiatan-kegiatan lanjutan nantinya, sehingga ada bukti nyata alumni yang diharapkan mampu bekerja dan berdampak bagi masyarakat banyak.

 

Ir.Fauzi Yusuf,M.M-Ketua selaku pengurus Bidang Pertanian, Lingkungan Hidup dan SDA IKA-USU mendukung penuh kegiatan ini dan berpesan untuk mengambil Langkah pergerakan untuk perubahan.Ia mengatakan sekecil apapun Langkah yang kita ambil akan bermanfaat untuk memitigasi dari efek climate change yang sudah di depan mata.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Ir.H.Murlan Tamba, M.M - Ketua Harian PW IKA USU

Photographer: Amri Simatupang - Humas

Berita
SDGs 15
SDGs 11
SDGs
SDGs 13
Alumni & Karir

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?