A11Y

HOME

MENU

CARI

Kunjungan Menteri Penasihat Pendidikan Kedubes Malaysia

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Kunjungan Menteri Penasihat Pendidikan Kedubes Malaysia
WhatsappTwitterFacebook

"Kunjungan hari ini adalah untuk menguatkan kerja sama dan melihat peluang-peluang kolaborasi di antara USU dan Malaysia, ungkap WR I USU"

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU), yang diwakili oleh Wakil Rektor I USU, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., menerima kunjungan dari Dr. Hasnul Faizal Hushin Amri, Menteri Penasihat (Pendidikan) Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta. Pertemuan berlangsung di Ruang Audiensi Rektor USU pada Kamis (20/06/2024).

Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., menjelaskan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan dan kerja sama antara Indonesia dan Malaysia, khususnya di bidang pendidikan. Menurutnya, kunjungan tersebut difokuskan untuk melihat peluang-peluang kerja sama antara USU dan institusi pendidikan tinggi di Malaysia.

"Kunjungan hari ini adalah untuk menguatkan kerja sama dan melihat peluang kolaborasi antara USU dan Malaysia," ungkap Dr. Edy Ikhsan.

Sejalan dengan itu, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., menambahkan bahwa sudah ada banyak kolaborasi yang dilakukan secara intensif dengan berbagai universitas di Malaysia, dan kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat serta merancang kerja sama baru di masa depan.

"Hari ini, pertemuan ini memperkuat dan merancang berbagai kerja sama baru di masa depan," jelasnya.

Sementara itu, Dr. Hasnul Faizal Hushin Amri menyatakan bahwa fokus utama kunjungannya adalah untuk memperkuat kapasitas, kuantitas, dan kualitas hubungan kerja sama pendidikan yang telah terjalin lama antara Malaysia dan USU. Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya pertukaran informasi terkait isu-isu pendidikan serta upaya memperluas cakupan kerja sama, termasuk penelitian kolaboratif, mobilitas staf, dan pertukaran mahasiswa.

"Kita ingin memperkuat kapasitas, kuantitas, dan kualitas hubungan kerja sama pendidikan yang sudah berlangsung lama antara Malaysia dan Universitas Sumatera Utara," ujar Dr. Hasnul.

Terkait program atau inisiatif baru, Dr. Hasnul Faizal Hushin Amri menjelaskan bahwa Education Counsellor di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta akan berperan sebagai penghubung untuk USU di Malaysia. Beliau juga menyebutkan adanya banyak kerja sama yang sudah terjalin dengan beberapa universitas di Malaysia, seperti UITM dan UM, yang bersifat multi-years dan memiliki kontinuitas setiap tahunnya, serta beberapa kerja sama yang bersifat kegiatan tunggal.

"Education Counsellor di Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta akan menjembatani berbagai isu dan mengkampanyekan Universitas Sumatera Utara di Malaysia, sehingga lebih banyak mahasiswa dari Malaysia dapat mendapatkan kesempatan belajar di Universitas Sumatera Utara," tambahnya.

Berita
SDGs
SDGs 17
Kerja Sama

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?