A11Y

HOME

MENU

CARI

Mahasiswa USU Gelar Seminar Nasional, Dorong Pemuda Aktif dalam Transisi Energi

Diterbitkan Pada23 September 2024
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
Mahasiswa USU Gelar Seminar Nasional, Dorong Pemuda Aktif dalam Transisi Energi
Copy Link
IconIconIcon

"Kami berharap mahasiswa USU dapat menjadi pelopor dalam menghadirkan inovasi dan edukasi terkait energi terbarukan." ungkap Terry.

HUMAS USU - Society of Renewable Energy (SRE) Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan Seminar Nasional SRE Fest 2024 sebagai bagian dari Awarding Day Competition of NRE Festival 2024. Dengan mengusung tema "Indonesia Emas 2045: Youth Empowerment accelerating Energy Transition greener Indonesia " ini bertujuan untuk melibatkan mahasiswa USU dalam upaya transisi energi di Indonesia. Berlangsung di Auditorium USU, pada Kamis (12/09/2024).

Tema seminar ini dipilih untuk mendorong mahasiswa USU agar menjadi pelopor dalam memberikan kontribusi lebih terhadap transisi energi di Indonesia dan bertujuan untuk menyebarluaskan inovasi dan edukasi kepada masyarakat serta menghasilkan output berupa buku yang berisi kumpulan inovasi dari peserta lomba.

Terry Alwavi Ginting selaku Presiden Society of Renewable Energy (SRE) USU menjelaskan bahwa tujuan utama seminar ini adalah untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa dan masyarakat luas tentang pentingnya energi baru dan terbarukan dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Selain itu, seminar ini juga bertujuan untuk mendorong generasi muda, khususnya mahasiswa, untuk aktif berkontribusi dalam percepatan transisi energi di Indonesia. Terry juga berharap mahasiswa USU dapat menjadi pelopor dalam menghadirkan inovasi dan edukasi terkait energi terbarukan. Hasil karya inovatif peserta lomba akan disusun dalam sebuah buku yang dapat menjadi referensi bagi masyarakat.

"Kami berharap mahasiswa USU dapat menjadi pelopor dalam menghadirkan inovasi dan edukasi terkait energi terbarukan." ungkap Terry.

Sebagai bentuk nyata dari komitmen dalam mengedukasi masyarakat, tim SRE USU telah melakukan berbagai kegiatan seperti mengunjungi sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman tentang energi terbarukan.

Firsal Mutyara, Ketua Umum KADIN Sumatera Utara yang hadir sebagai narasumber, menekankan pentingnya transisi energi dalam menghadapi perubahan iklim yang semakin serius. Beliau juga menyampaikan bahwa transisi energi tidak hanya akan memberikan manfaat bagi lingkungan, tetapi juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Ia menekankan, mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung transisi energi sehingga perlu mempelajari teknologi-teknologi baru dan mengembangkan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan energi di masa depan.

"Mari kita bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan." harap Firsal.

Seminar ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mempercepat transisi energi di Indonesia dan menginspirasi generasi muda untuk menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan.

Berita

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?