A11Y

HOME

MENU

CARI

MoU antara USU dan Universitas Nias Raya Memperkuat Kolaborasi Pendidikan dan Penelitian

Diterbitkan Pada26 September 2024
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
MoU antara USU dan Universitas Nias Raya Memperkuat Kolaborasi Pendidikan dan Penelitian
Copy Link
IconIconIcon

"Wilayah kerja sama tersebut antara lain terkait dalam penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian dan pengembangan kelembagaan," ujar Rektor.

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Nias Raya resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk memperkuat kerja sama dalam pengembangan pendidikan dan penelitian. Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang Audiensi Rektor pada Senin, (23/09/24).

Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, menjelaskan bahwa area kerja sama yang tercantum dalam MoU mencakup penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian, dan pengembangan kelembagaan, yang semuanya termasuk dalam tri dharma perguruan tinggi.

"Wilayah kerja sama tersebut antara lain terkait dalam penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian dan pengembangan kelembagaan," ujar Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengungkapkan harapannya agar kolaborasi ini dapat menciptakan generasi unggul yang siap berkontribusi pada pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, beliau menyampaikan kerja sama ini juga bertujuan untuk mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah disepakati oleh kedua institusi.

"Khususnya dalam upaya menciptakan generasi unggul dan siap pakai, yang dapat berkontribusi di dalam upaya-upaya pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat," tutur Rektor USU.

Dalam wawancaranya, Rektor Universitas Nias Raya, Dr. Martiman S. Sarumaha menjelaskan bahwa penandatanganan MoU ini merupakan tindak lanjut dari kolaborasi yang pernah dilakukan sebelumnya. Selain itu, beliau juga menyampaikan MoU ini adalah kebutuhan untuk membangun komunikasi yang lebih baik antara kedua universitas. Ia menekankan pentingnya kolaborasi dalam mencapai tujuan Tri Dharma perguruan tinggi, yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

"Tanpa MoU ini kita tidak akan pernah menghasilkan sesuatu. Artinya, tidak akan sehat kalau kita berjalan sendiri-sendiri, jadi kolaborasi itulah yang terpenting," tutur Martiman

Selanjutnya Rektor Universitas Nias Raya menyampaikan rencana ke depan setelah penandatanganan MoU yaitu mencakup pertukaran mahasiswa dan dosen, serta pelaksanaan riset bersama untuk menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat.

"Rencana kerja ke depan pertama melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi," ujar Martiman

Dengan penandatanganan MoU ini, kedua universitas berharap dapat lebih fokus dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia, serta memberikan manfaat langsung bagi masyarakat.

Berita

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?