Rektor USU Berikan Pengarahan Terkait Penilaian Scimago

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Thumbnail
WhatsappTwitterFacebook

"Kegiatan pengarahan ini selanjutnya akan diselenggarakan di seluruh fakultas dan program studi yang ada di USU sehingga dapat menciptakan pengembangan SDM USU yang berkualitas, kata Rektor USU."



HUMAS USU - Pemeringkatan universitas menjadi sangat penting untuk dikembangkan terus menerus demi terciptanya universitas yang berkualitas. Hal ini diimplementasikan melalui kegiatan Pengarahan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Lingkungan Universitas Sumatera Utara (USU) oleh Rektor, Prof. Dr. Muryanto Amin S.Sos. M.Si., di Digital Learning Centre Bulding, pada Jumat (19/04/2024).


Dalam Scimago Institution Rangking dengan Kategori Riset tahun 2024, USU berhasil meraih peringkat 4 secara nasional dan peringkat 1321 dunia. Diketahui adanya penurunan pemeringkatan dari tahun yang sebelumnya menjadi latar belakang terselenggaranya pengarahan oleh Rektor USU ini.


Menurut Rektor USU, kegiatan ini menjadi penyegaran dan pengingat bagi dosen muda akan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memiliki standar. Dosen diharuskan untuk dapat menyeimbangkan antara tugas pokoknya yaitu mengajar secara inovatif dengan melaksanakan riset dan juga publikasi yang mana dapat berdampak pada pemeringkatan universitas.


Adanya perubahan kebijakan yang menuntut Perguruan Tinggi (PT) dalam memenuhi tanggung jawabnya secara seimbang menjadi hal esensial yang disampaikan oleh Prof. Dr. Muryanto Amin S.Sos. M.Si. Perbaikan tata Kelola PT di Indonesia berbeda dengan negara lain dalam melakukan pengelolaan sumber daya dosen. Indonesia juga diharapkan melakukan perubahan dengan lebih baik lagi sehingga akan mempengaruhi mutu pendidikan.


"Kegiatan pengarahan ini selanjutnya akan diselenggarakan di seluruh fakultas dan program studi yang ada di USU sehingga dapat menciptakan pengembangan SDM USU yang berkualitas," kata Rektor USU.


Ucapan terima kasih dituturkan oleh Sony Eka Nugraha, S.Farm., M.Si., Apt dan Umaya Ramadhani putri nst S.TI, M.Kom selaku dosen USU yang menghadiri kegiatan pengarahan. Hal ini dikarenakan ada banyaknya masukan dari Rektor USU mengenai Key Performance Indicator khususnya bagi dosen muda. Mereka berharap USU dapat bahu membahu dalam mencapai tujuan peningkatan kegiatan Tri Dharma PT sehingga akan berdampak pada peringkat USU secara Internasional juga.


"Semoga kedepannya ada perkembangan SDM USU seperti bantuan sekolah lanjutan yang akan meningkatkan kualitas dosen yang ada di USU," sambung Sony.

Tata Kelola
Accessibility Icon
disability features
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
accesibility icon
Scroll Down