A11Y

HOME

MENU

CARI

Seleksi Penerimaan MABA Jalur SBPU Talenta 2024

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Seleksi Penerimaan MABA Jalur SBPU Talenta 2024
WhatsappTwitterFacebook

"Dengan kriteria sertifikasi yang telah disampaikan, kita akan menyeleksi apakah mereka pantas diterima sesuai jurusan yang dipilih. Kita juga memberikan alternatif jika ada jurusan lain yang diminati, mengingat ketatnya persaingan, jelas Prof. Fidel"



HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Berbasis Prestasi Unggul (SBPU) Talenta USU Tahun 2024 selama dua hari pada Rabu-Kamis, (3-4/7/2024) di Gelanggang Mahasiswa. 



Merujuk pada peraturan rektor, telah ditetapkan berbagai kategori juara yang diakui dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SBPU Talenta, yaitu juara 3 besar tingkat internasional dan nasional, juara 2 besar tingkat provinsi dan juara 1 tingkat kabupaten/kota. Proses penyelenggara kompetisinya pun tentu sudah harus divalidasi.



Dengan kriteria sertifikasi tersebut, Sekretaris Universitas, Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked(OG), Sp.OG(K), menyampaikan harapannya bahwa proses seleksi ini dapat menjaring mahasiswa yang tidak hanya memiliki kemampuan akademis tetapi juga berbakat di bidang lain. 


"Dengan kriteria sertifikasi yang telah disampaikan, kita akan menyeleksi apakah mereka pantas diterima sesuai jurusan yang dipilih. Kita juga memberikan alternatif jika ada jurusan lain yang diminati, mengingat ketatnya persaingan," katanya.


Direktur Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian USU, Rahma Yurliani, S.Psi, M.Psi, menyampaikan sebanyak 173 peserta yang mendaftar dan sekitar 107 orang yang berhasil melanjutkan ke tahap wawancara dan uji kompetensi. Pada hari pertama, terdapat 57 orang yang mengikuti seleksi, dengan rincian 48 orang di bidang olahraga dan 9 orang di bidang seni. Hari berikutnya dilanjutkan dengan bidang sains sebanyak 12 orang, bidang keagamaan 22 orang, dan lainnya 12 orang.


"Sekitar 173 kalo tidak salah yang mendaftar ya, kemudian yang seleksi berkas, lulus seleksi berkas masuk ke tahap wawancara dan uji kompetensi itu sekitar 107 orang," ujar Rahma


Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Budaya, Prof. Drs. Mauly Purba MA, Ph.D, menambahkan bahwa mahasiswa yang nantinya diterima berdasarkan prestasi diharapkan dapat memberikan kontribusi lebih kepada USU melalui prestasi akademik maupun non-akademik.


"Jika kita merasa dia benar-benar berkompeten dalam prestasinya, kita berharap dia juga akan membawa nama baik USU. Selain studi akademik, prestasi non-akademik juga harus dilanjutkan untuk memberikan manfaat kepada USU," jelasnya.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Prof. Fidel Ganis - Sekretaris Universitas

Photographer: Amri Simatupang - Humas

Berita
SDGs 4
SDGs
SDGs 8
Penerimaan

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?