A11Y

HOME

MENU

CARI

USU Career Expo dan Carbooth Sale 2024

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

USU Career Expo dan Carbooth Sale 2024
WhatsappTwitterFacebook

"Ini menjadi sesuatu yang membimbing dan membuat kami jauh lebih semangat untuk kemudian bisa mendorong anak-anak kami ini bisa mendapatkan kerjaan lebih cepat, ungkap WR 1 USU"



HUMAS USU - Dalam upaya untuk meningkatkan kesempatan kerja bagi alumni dan menumbuhkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa, Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan acara tahunan USU Career Expo dan Car Boot Sale pada Senin, (29/05/2024) di Gelanggang Mahasiswa. Acara yang terintegrasi untuk pertama kalinya ini bertujuan untuk mencapai tujuan utama universitas yaitu meningkatkan jumlah lulusan USU yang bekerja dan membina wirausaha masa depan.


Wakil Rektor I USU Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., mengatakan kegiatan Career Expo menjadi salah satu indikator kinerja utama yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dalam upaya membantu para alumni untuk cepat mendapatkan pekerjaan. 


”Kami menginformasikan, urusan cepat dapat kerja ini menjadi salah satu indikator, menjadi kontrak kinerjanya rektor usu,” papar WR 1.


Stigma dari masyarakat mengatakan bahwa universitas menjadi salah satu lembaga yang hanya menambah angka pengangguran di Indonesia saja. Untuk itu beliau berharap melalui Career Expo 2024 dengan jumlah perusahaan sebanyak 27 dapat menjadi jembatan bagi para alumni untuk menjemput rezekinya.


”Ini menjadi sesuatu yang membimbing dan membuat kami jauh lebih semangat untuk kemudian bisa mendorong anak-anak kami ini bisa mendapatkan kerjaan lebih cepat,” ungkap WR 1. 


Kepala Badan Pengembangan Riset Inovasi USU, Buchari, S.T., M.Kes menambahkan bahwa Career Expo dan Car Boot Sale pada tahun ini diselenggarakan secara bersamaan agar kegiatan tersebut terintegrasi. Kepala BPRI USU mengatakan terdapat 40 mobil pada Car Boot Sale tahun ini dengan rata-rata tiga usaha dalam 1 mobil, dengan total sekitar 120 usaha. Perkiraan keterlibatan peserta sebanyak 300-500 mahasiswa. Buchari S.T., M.Kes., juga mengatakan kegiatan ini berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya startup masa depan, memberikan peluang bagi mahasiswa untuk terlibat dalam program kewirausahaan seperti PKMKC dan P2MW.


”Kebetulan hari ini kita gabungkan supaya terintegrasi kegiatan ini, di mana program ini, USU Career Expo dan Car Boot Sale ini ada nntuk pencapaian IKU 1,” tutur Kepala BPRI. 


Pada kesempatan lain, Manager Karir dan Kewirausahaan USU Drs. Ami Dilham, M.Si., menekankan pentingnya acara ini selaras dengan tujuan universitas untuk memfasilitasi lapangan kerja dan kewirausahaan di kalangan mahasiswanya. Ia berharap Career Expo tidak hanya memfasilitasi penempatan kerja bagi lulusan tetapi juga mendorong alumni yang berpartisipasi dalam Car Boot Sale untuk menekuni usaha wirausaha.


”Dengan banyaknya perusahaan yang hadir pada Career Expo 2024 ini banyak serapan-serapan alumni kita untuk dipekerjakan di berbagai macam perusahaan yang ikut,” ujar Ami.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Dr. Edy Ikhsan - WR I USU

Photographer: Amri Simatupang - Humas

Berita
Alumni & Karir

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?