A11Y

HOME

MENU

CARI

USU Melepas 522 Mahasiswa dalam program KKN-T

Diterbitkan Pada02 Oktober 2024
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
USU Melepas 522 Mahasiswa dalam program KKN-T
Copy Link
IconIconIcon

HUMAS USU - Sebanyak 522 mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) akan diberangkatkan mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di 38 desa yang tersebar di 11 kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. Pelepasan ini berlangsung di pelataran Gedung Rektorat pada Selasa, (1/10/2024).

Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin., S.Sos. M.Si yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., mengingatkan mahasiswa untuk segera beradaptasi dengan budaya lokal dan menghormati adat istiadat setempat. KKN ini bertujuan mengembangkan kompetensi keilmuan mahasiswa sekaligus memberikan kontribusi bagi pembangunan masyarakat desa melalui tiga pilar utama: pembangunan sumber daya manusia, pembangunan ekonomi sosial lingkungan, dan pembangunan lingkungan desa.

"Kesempatan ini merupakan peluang dan tantangan bagi kalian untuk bersama-sama mengembangkan kompetensi keilmuan," ujar WR I

Lebih lanjut WR 1 berharap program ini dapat memperkuat kolaborasi antara USU, pemerintah daerah, dan pihak swasta dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta memberikan kontribusi pada pembangunan masyarakat desa.

"Saya berharap terjalin kolaborasi lanjutan antara universitas dengan institusi pemerintah dan institusi swasta yang berada di provinsi Sumatera Utara, khususnya kolaborasi dengan pemerintah kabupaten setempat yang menjadi lokasi penyelenggara KKN Tematik," tutur WR 1

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa akan didampingi oleh 56 dosen pembimbing lapangan (DPL) untuk menjalankan program yang terstruktur dan mencapai target pengakuan 10 hingga 20 SKS. Ismayadi, S.Kep., Ns., M.Kes selaku Koordinator Program KKN-T mengatakan mahasiswa dan DPL telah diberikan pembekalan melalui zoom meeting agar mereka dapat berkegiatan di desa setempat. Program ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, tetapi juga memberi pengalaman berharga bagi mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa.

Berita

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?