A11Y

HOME

MENU

CARI

FAHUT USU - BBMKG Wilayah I Medan Tandatangani Kerja Sama

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

FAHUT USU - BBMKG Wilayah I Medan Tandatangani Kerja Sama
WhatsappTwitterFacebook

"Dekan Fakultas Kehutanan USU menyatakan, melalui kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, Fakultas Kehutanan USU siap membangun kolaborasi kepada para pihak, khususnya BBMKG Wilayah I Medan, melakukan berbagai upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim global yang saat ini dampaknya sudah kita rasakan bersama."

Dalam Peringatan Hari Meteorologi Dunia ke-74, Fakultas Kehutanan USU melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, bertempat di Plaza Rimbawan, Gedung Fakultas Kehutanan USU Kampus II Kwala Bekala, Deli Serdang, Sumut.


Kegiatan penandatanganan dilaksanakan oleh Dr Ir Rudi Hartono, S.Hut, M.Si, selaku Dekan Fakultas Kehutanan USU dan Kepala BBMKG Wilayah I Medan Dr Hendro Nugroho, ST, M.Si, pada awal Mei lalu. Dalam sambutannya, Dr Ardhasena Sopaheluwakan selaku Deputi Bidang Klimatologi – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Republik Indonesia menyatakan, bahwa laut dan hutan merupakan dua ekosistem yang sangat memengaruhi dinamika iklim. Oleh karenanya, melalui kerja sama ini, bisa dibangun kolaborasi antara BMKG melalui BBMKG Wilayah I Medan dengan Fakultas Kehutanan USU, untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna dalam pengendalian perubahan iklim.


Dekan Fakultas Kehutanan USU, Dr Ir Rudi Hartono, S.Hut., M.Si., IPM, menyatakan bahwa melalui kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, Fakultas Kehutanan USU siap membangun kolaborasi kepada para pihak, khususnya dengan BBMKG Wilayah I Medan, untuk melakukan berbagai upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim global, yang saat ini dampaknya sudah kita rasakan bersama. 


Dalam sambutannya, Dr Ardhasena Sopaheluwakan selaku Deputi Bidang Klimatologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Republik Indonesia menyatakan bahwa laut dan hutan merupakan dua ekosistem yang sangat memengaruhi dinamika iklim. Oleh karenanya, melalui kerja sama ini, bisa dibangun kolaborasi antara BMKG melalui BBMKG Wilayah I Medan dengan Fakultas Kehutanan USU, untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna dalam pengendalian perubahan iklim. Dekan Fakultas Kehutanan USU menyatakan, melalui kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, Fakultas Kehutanan USU siap membangun kolaborasi kepada para pihak, khususnya BBMKG Wilayah I Medan, melakukan berbagai upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim global yang saat ini dampaknya sudah kita rasakan bersama. 


Turut hadir menyaksikan penandatanganan kerja sama, Kepala Stasiun Klimatologi Sampali Medan, Wahyudin, SP, M.I.Kom, Para Wakil Dekan Fakultas Kehutanan USU, Ketua Program Studi S-1 Kehutanan Dr Ir Tito Sucipto, S.Hut, M.Si, IPU, ASEAN Eng, para Kepala Laboratorium, perwakilan dosen dan mahasiswa Fakultas Kehutanan USU


Puska PIMB


Kegiatan tersebut juga disandingkan dengan pembentukan Pusat Kajian Perubahan Iklim dan Mitigasi Bencana (Center for Climate Change and Disaster Management Studies), melalui Surat Keputusan Dekan Fakultas Kehutanan USU Nomor 494/UN5.2.2.15/KPM/2024. Pusat Kajian Perubahan Iklim dan Mitigasi Bencana (PIMB) dipimpin oleh Dr Achmad Siddik Thoha, S.Hut, M.Si, selaku Direktur Eksekutif Pusat Kajian PIMB. 


Penyerahan SK Puska PIMB disaksikan Dr Ardhasena Sopaheluwakan selaku Deputi Bidang Klimatologi – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Republik Indonesia yang juga menjabat sebagai Vice President, Commission for Weather, Climate, Water and Related Environmental Services and Applications, World Meteorological Organization (WMO), Dr Hendro Nugroho, S.T., M.Si selaku Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I – Medan, dan Dr Ir Alfan Gunawan Ahmad, S.Hut., M.Si, Wakil Dekan I Fakultas Kehutanan USU sekaligus Sekretaris Eksekutif Puska PIMB Fakultas Kehutanan USU. Launching Puska PIMB tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dalam peringatan Hari Meteorologi Dunia ke-74 yang mengangkat tema "At The Frontline of Climate Action". 


Dekan Fakultas Kehutanan USU berharap, Puska PIMB dapat segera menyusun program dan kegiatan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antara Fakultas Kehutanan USU dengan BBMKG Wilayah I Medan. Launching Puska PIMB ini sekaligus menjadi momentum bagi Fakultas Kehutanan USU untuk memberikan dukungan global dalam mengendalikan perubahan iklim melalui kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. (Ida/RJ)


Author: Renny Julia - staf humas

Interviewee: Dr. Ir. Rudi Hartono, S.Hut., M.Si - Dekan Fahut USU

Photographer: istimewa - istimewa

Berita
Kerja Sama

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?