A11Y

HOME

MENU

CARI

FP USU Selenggarakan Konferensi Internasional, the 8th AEFS 2024

Diterbitkan Pada26 Juli 2024
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
FP USU Selenggarakan Konferensi Internasional, the 8th AEFS 2024
Copy Link
IconIconIcon

Kami berharap konferensi ini menghasilkan rekomendasi kebijakan, dan inovasi teknologi yang akan diimplementasikan di berbagai negara, harap WR I USU.

HUMAS USU - Mengangkat tema “Eco-Friendly Agricultural to Increas Food System Resilience”, 8th International Conference on Agricultural, Environment, and Food Security (AEFS) 2024 kembali diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (FP USU). Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, di Digital Learning Center Building (DLCB) USU dan Zoom Conference, pada Kamis, (25/07/2024)

Wakil Rektor I, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., dalam sambutannya mewakili Rektor USU, Prof. Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si., mengapresiasi diadakannya kegiatan ini dan mengatakan bahwa USU mempunyai komitmen untuk selalu mendukung seluruh kegiatan yang bersifat ilmiah.
“USU berkomitmen untuk selalu mendukung seluruh kegiatan ilmiah,” katanya.

Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., menjelaskan AEFS merupakan sebuah konferensi internasional terkemuka yang rutin dilaksanakan sejak 2017. Beliau berharap konferensi ini akan menghasilkan rekomendasi kebijakan maupun inovasi teknologi yang dapat diimplementasikan di berbagai negara nantinya.
“Kami berharap konferensi ini menghasilkan rekomendasi kebijakan, dan inovasi teknologi yang akan diimplementasikan di berbagai negara,” harapnya.

Dekan FP USU Dr. Ir. Tavi Supriana MS., menyebutkan ada 9 negara seperti Malaysia, Australia, Rusia, dan 49 universitas yang bergabung pada AEFS tahun ini. Beliau menjelaskan konferensi yang rutin diadakan sejak 2017 ini akan menghasilkan prosiding yang akan diterbitkan oleh IOP dan diindeks dalam Scopus.
“Prosidingnya dipublish di IOP yang terindeks scopus,” jelasnya.

Dr. Ir. Tavi Supriana M.S., menyebutkan bahwa diadakannya AEFS bersamaan dengan kegiatan oleh Perhimpunan Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia (PAGI). PAGI yang turut berpartisipasi untuk mendiseminasikan hasil penelitian mereka pada AEFS hari ini akan melanjutkan kegiatan mereka yaitu Seminar Lokakarya Nasional (SEMILOKNAS) PAGI pada Jumat, 26 Juli 2024.
“Jadi peserta PAGI-nya berkumpul untuk diseminasi hasil penelitian mereka di AEFS dan besok pertemuan asosiasinya,” ujarnya.

Ketua 8th AEFS 2024 sekaligus Wakil Dekan III FP USU, Prof. Dr. Ir. Elisa Julianti, M.Si., mengatakan kegiatan ini dihadiri oleh peserta dari bidang agroteknologi, teknologi pangan, ilmu tanaman, ilmu lingkungan, dan ilmu hewan. Peserta dari program studi teknik, pertanian, ekonomi, maupun ilmu lainnya yang masih dalam lingkup agriculture, environment, dan food security turut hadir dalam konferensi ini.
“Semua bisa berpartisipasi asal memenuhi scope agriculture, environment, dan food security,” katanya

Prof. Dr. Ir. Elisa Julianti, M.Si., berharap dengan diadakannya AEFS di USU akan meningkatkan reputasi USU di kancah Internasional, mengingat ada banyaknya peneliti dari luar negeri yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga menjadi jembatan untuk lebih mengenal USU.
“Akan banyak peneliti luar yang terlibat disini yang mungkin akan lebih mengenal USU kedepannya. Sehingga kita juga bisa meningkatkan reputasi USU di Internasional,” harapnya.

Berita
SDGs 4
SDGs
SDGs 12
SDGs 17

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?