A11Y

HOME

MENU

CARI

Loka Karya Pembangunan Taman Koleksi Bambu Dunia di Kampus 2 USU

Diterbitkan Pada23 Oktober 2024
Diterbitkan OlehRenny Julia Harahap
Loka Karya Pembangunan Taman Koleksi Bambu Dunia di Kampus 2 USU
Copy Link
IconIconIcon

Lokakarya ini berfokus pada pemaparan rencana pembangunan Taman Koleksi Bambu Dunia di Kampus 2 USU, yang diharapkan dapat menjadi pusat konservasi, edukasi, dan penelitian tentang berbagai spesies bambu.

HUMAS FAHUTAN – Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan loka karya dengan tema "Pembangunan Taman Koleksi Bambu Dunia di Kampus 2 USU" sekaligus membuka secara resmi perayaan Dies Natalis Fakultas Kehutanan yang ke-10 dan Dies Natalis Program Studi Kehutanan yang ke-25 pada Rabu, (16/10/2024) di Fakultas Kehutanan USU Bekala. Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor II USU, Dr. Muhammad Arifin Nasution, S.Sos., M.SP., dan dihadiri para akademisi, serta aktivis lingkungan dari berbagai organisasi.

Lokakarya ini berfokus pada pemaparan rencana pembangunan Taman Koleksi Bambu Dunia di Kampus 2 USU, yang diharapkan dapat menjadi pusat konservasi, edukasi, dan penelitian tentang berbagai spesies bambu. Selain itu, acara ini juga membahas tentang perancangan taman, kebijakan dan tata kelola pengembangan bambu, manfaat bambu dalam konservasi tanah dan air, pemanfaatan bambu dari hulu ke hilir, serta manfaat taman bambu bagi berbagai elemen masyarakat baik mahasiswa maupun warga sekitar.

Pembangunan Taman Koleksi Bambu Dunia ini merupakan inisiatif penting dari Fakultas Kehutanan USU untuk memperkuat upaya konservasi lingkungan sekaligus menambah koleksi botani di kampus. Selain itu, loka karya ini menjadi bagian dari rangkaian acara Dies Natalis Fakultas Kehutanan. Loka karya ini dihadiri oleh Wakil Rektor II USU Dr. Muhammad Arifin Nasution, S. Sos., M.SP., Dekan Fakultas Kehutanan USU Dr. Rudi Hartono, S.Hut., M.Si., serta para tamu undangan yang terdiri dari aktivis lingkungan, mahasiswa, dosen, pegawai Fakultas Kehutanan dan perwakilan dari berbagai lembaga konservasi. Acara ini berlangsung di Fakultas Kehutanan Bekala yang berlokasi di Kwala Bekala, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Rimbawan, dilanjut pembacaan Do’a oleh Moehar Maraghiy Harahap, S.Hut., M.Sc., persembahan Tari Melayu oleh Tim Tari Kehutanan, Kata Sambutan Dekan Fakultas Kehutanan oleh Dr. Rudi Hartono, S.Hut., M.Si., Kata Sambutan Wakil Rektor II USU sekaligus Membuka Agenda Dies Natalis Fakultas Kehutanan oleh Dr. Muhammad Arifin Nasution, S. Sos., M.SP., Penyerahan Sertifikat dan Cendera Mata kepada para pembicara, Diskusi, Pembacaan Rekomendasi Pengembangan Taman Koleksi Bambu Dunia di Kampus 2 USU dan Penandatanganan Deklarasi dan Komitmen Para Pihak Dalam Rangka Pembangunan Taman Koleksi Bambu Dunia oleh Dr. Oding Affandi, S.Hut., MP., Penutup dan Istirahat, serta acara terakhir adalah Launching KBR Bambu di Arboretum oleh Dr. Oding Affandi, S.Hut., MP. Adapun para pembicara yang hadir adalah:

1. Dr. Ar. Ahmad Delianur Nasution, ST., MT., GP., IAI (Wakil Ketua PUIPTBambu) membawakan materi berjudul “Perancanagan Taman Koleksi Bambu Dunia di Kampus 2 USU Bekala”.
2. Dr. Samsuri, S.Hut., M.Si (Ketua Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi (PUIPT)-Bambu) membawakan materi “Roadmap PUI-PT Bambu dan Rencana Pengembangan”.
3. Dr. Desi Ekawati, S.Hut., M.Si (National Coordinator-Forest Program, KLHK) membawakan materi “Kebijakan dan Tata Kelola Pengembangan Bambu”.
4. Sigit Budi Nugroho, S.Si., M.Sc (Kepala BPDAS Wampu-Sei Ular) membawakan materi “Peranan Pengembangan Bambu Dalam Rangka Konservasi Tanah dan Air dan Mitigasi Bencana”.
5. Prof. Dr. Apri Heri Iswanto, S.Hut., M.Si (Guru Besar Fakultas Kehutanan USU) membawakan materi “Pemanfaatan Bambu dari Hulu ke Hilir”.

Dengan adanya loka karya ini, Fakultas Kehutanan USU berharap dapat mewujudkan Taman Koleksi Bambu Dunia yang berfungsi sebagai pusat penelitian, pendidikan, dan pelestarian lingkungan. Taman ini juga diharapkan dapat menjadi daya Tarik baru bagi Fakultas Kehutanan USU, serta memberikan manfaat bagi masyarakat luas dalam mendukung program lingkungan yang berkelanjutan.



Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?