A11Y

HOME

MENU

CARI

Peksima 2024 Kembali Diadakan, USU Targetkan Peksiminas

Diterbitkan Pada17 Mei 2024
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
Peksima 2024 Kembali Diadakan, USU Targetkan Peksiminas
Copy Link
IconIconIcon

Harapannya bisa menambah jumlah raihan dari tahun sebelumnya. Dari tahun sebelumya ada 5 menjadi lebih, kata Sekretaris Ditmawalumni USU



HUMAS USU - Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian (Ditmawalumni) Universitas Sumatera Utara (USU) membuka kembali Pekan Seni Mahasiswa (Peksima) Tahun 2024. Peksima ini nantinya dipersiapkan menuju Pekan Seni Daerah yang kemudian dilanjut ke tingkat Nasional pada September mendatang. Kegiatan ini diadakan di Gedung Serba Guna T. Amin FIB yang kemudian dilanjut di Gelanggang Mahasiswa, pada Rabu (15/05/2024). 


Pekan Seni Mahasiswa diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan pada tahun ini mengalami peningkatan dengan jumlah total peserta sekitar 130 orang. Diikuti oleh beberapa Fakultas yang mengirimkan delegasinya para perlombaan ini. Nantinya para peserta yang lolos seleksi akan mewakili daerah Provinsi menuju tahap nasional di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). 


Rahma Yurliani, S.Psi., M.Psi., selaku Sekretaris Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian (Ditmawalumni), mengatakan bahwa dengan terselenggaranya acara ini dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa bidang seni dan serta memperoleh raihan prestasi dari tahun sebelumnya


“Harapannya bisa menambah jumlah raihan dari tahun sebelumnya. Dari tahun sebelumya ada 5 menjadi lebih,” katanya.


Ia juga menambahkan jika setiap para mahasiswa yang lolos nantinya akan diberikan pembimbingan yang untuk semakin mempersiapkan tahapan selanjutnya yaitu pada tingkat daerah dan nasional.


“Menyediakan dosen pendamping untuk melatih kemampuannya sebelum mereka dipertandingkan di tingkat nasional,” tambahnya.


Lebih lanjut, Prof. Drs. Mauly Purba MA, Ph.D., selaku Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Budaya (FIB)., menuturkan jika berkaca dari tahun sebelumnya yang mendapatkan Juara pada Komik Strip dan Vokal Grup, diharapkan pada tahun ini dapat bertambah di kategori lainnya.


“Jadi kita berharap karena ini sangat didukung oleh Universitas dan adik-adik mahasiswa sangat antusias coba kita layani mereka dan menambah prestasi yang sudah pernah ada,” tuturnya.


Terakhir, pada Peksima tahun ini ada 14 bidang tangkai perlombaan yaitu Menyanyi Dangdut, Seriosa, Keroncong, Pop, dan Vokal Grup, Baca Puisi, Monolog, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Penulisan Puisi, Desain Media Kampanye Sosial, Lukis, Komik Strip, dan terakhir ada Fotografi. Para juri yang menilai berasal dari perguruan tinggi (akademisi) dan juri profesional.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Rahma Yurliani, S.Psi., M.Psi., - Sekretaris Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian (Ditmawalumni)

Photographer: Amri Simatupang - Humas

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?