A11Y

HOME

MENU

CARI

Kunjungan LEMHANNAS RI ke USU untuk SSDN PPRA LXVI

Diterbitkan Pada17 Mei 2024
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
Kunjungan LEMHANNAS RI ke USU untuk SSDN PPRA LXVI
Copy Link
IconIconIcon

USU mendukung upaya strategis melalui pendidikan dan penelitian. Kami berharap dapat memberikan gambaran tentang program dan inisiatif yang kami kembangkan. Kami terbuka dan berminat besar untuk mendengarkan pandangan serta paparan, tutur WR I USU



HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) menerima kunjungan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXVI Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (LEMHANNAS RI). Kegiatan berlangsung di Ruang Senat Akademik GBPA USU, pada Selasa (14/05/2024).


Wakil Rektor I USU, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A menyambut baik kunjungan tim LEMHANNAS RI beserta 25 orang peserta Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXVI. 


SSDN merupakan salah satu kegiatan utama bagi peserta program pendidikan LEMHANNAS RI sebagai praktik lapangan dengan orientasi peningkatan analisis terhadap permasalahan di daerah. Dilaksanakan bergiliran setiap tahunnya ke seluruh provinsi di Indonesia, SSDN PPRA LXVI Tahun 2024 dilaksanakan di empat provinsi, salah satunya di Sumatera Utara.


Dalam sambutannya, Rektor USU diwakili oleh Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A menyampaikan USU senantiasa mendukung melalui pendidikan dan penelitian. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan gambaran luas tentang berbagai program dan inisiatif yang dikembangkan di USU serta menjadi media diskusi.

“USU mendukung upaya strategis melalui pendidikan dan penelitian. Kami berharap dapat memberikan gambaran tentang program dan inisiatif yang kami kembangkan. Kami terbuka dan berminat besar untuk mendengarkan pandangan serta paparan,” tutur Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A.


Pimpinan Rombongan LEMHANNAS RI, Irjen. Pol. Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si, melalui sambutannya memaparkan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan peserta dengan mengunjungi instansi serta objek strategis daerah dalam kegiatan SSDN yang didampingi oleh pejabat LEMHANNAS RI.

“Diharapkan menambah pengalaman, kepekaan, serta kepedulian yang tinggi sehingga saat memimpin dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan untuk terwujudnya postur pemimpin handal yang profesional,” papar Irjen. Pol. Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si.


Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU Dr. Hatta Ridho, S.Sos., MSP selaku pemateri menyebutkan USU meningkatkan ketahanan nasional melalui pelaksanaan aspek-aspek Tri Dharma perguruan tinggi, termasuk pendidikan karakter, penelitian dan riset, pengabdian masyarakat, serta kerja sama dengan mitra dalam dan luar negeri.

“USU meningkatkan ketahanan nasional dari pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi. Pendidikan karakter, penelitian hasil riset yang berguna menjadi policy brief, pengabdian masyarakat yang terus kita laksanakan, dan kerja sama dengan mitra dalam dan luar negeri,” ujar Dr. Hatta Ridho, S.Sos., MSP.


Kolonel Arhanud Blasius Popylus S.I.P sebagai peserta SSDN PPRA LXVI dari TNI-AD mengungkapkan kegiatan ini merupakan implementasi dari teori-teori yang dipelajari. Kunjungan ke USU memberikan perspektif akademis yang dapat dibandingkan dengan praktik di pemerintahan. USU dengan Tri Dharma-nya perlu diberdayakan untuk kepentingan pembangunan nasional. 

“Kita perlu melihat secara langsung implementasi di lapangan. Kunjungan ke USU bisa melihat perspektif lain dari tinjauan akademis kemudian kita hadapkan dengan yang dikerjakan oleh praktisi. USU memiliki Tri Dharma perlu diberdayakan secara optimal untuk kepentingan pembangunan nasional,” ungkap Kolonel Arhanud Blasius Popylus S.I.P.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Dr. Edy Ikhsan - WR I USU

Photographer: Amri Simatupang - Humas

Berita
Kerja Sama

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?