A11Y

HOME

MENU

CARI

UB Nilai Tata Kelola PTN-BH USU Perlu Dicontoh

Diterbitkan Pada14 November 2022
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
UB Nilai Tata Kelola PTN-BH USU Perlu Dicontoh
Copy Link
IconIconIcon

“Karena dengan kedatangan tamu kita bisa berbagi informasi tentang pengelolaan terutama tata kelola surat, tata kelola lain yang berhubungan dengan mengelola sebuah PTN-BH,” kata Prof. Fidel.

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) menerima kunjungan rombongan Universitas Brawijaya (UB). Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Sekretaris Universitas Prof.Dr.dr.Muhammad Fidel Ganis Siregar.M.Ked(OG),Sp.OG(K), Senin (14/11/2022). 


Kunjungan UB ke USU dilakukan dalam rangka benchmarking sehubungan status Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN-BH) yang telah disandang UB berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 108 Tahun 2021. Sebelumnya beberapa universitas juga telah melakukan benchmarking di USU berkaitan dengan PTN-BH. UB sendiri menilai tata kelola PTN-BH USU salah satu yang terbaik sehingga pihaknya ingin mencontoh apa yang telah dilakukan USU.


Menanggapi hal tersebut Sekretaris Universitas USU Prof.Dr.dr.Muhammad Fidel Ganis Siregar.M.Ked(OG),Sp.OG(K) menyambut baik kedatangan universitas tamu dan menganggap hal tersebut menjadi momen untuk berbagi informasi terutama untuk mengelola PTN-BH.


“Karena dengan kedatangan tamu kita bisa berbagi informasi tentang pengelolaan terutamaan tata kelola surat, tata kelola lain yang berhubungan dengan mengelola sebuah PTN-BH,” kata Prof. Fidel. 


Sekretaris Universitas USU berharap, hubungan kerja sama antara USU dengan UB serta universitas lain yang telah mengunjungi USU dapat terjalin semakin erat sehingga mampu mengelola PTN-Bh dengan baik.


“Kerja sama makin terjalin erat, silaturahmi antara kita berjalin erat, saling berbagi informasi sehingga kita bisa mengelola dengan baik PTN-BH ini,” ujarnya. 


Sekretaris Universitas UB Dr. Ir. Setyono Yudo Tyasmoro, M.S. berterima kasih atas sambutan USU pada kunjungan benchmarking. Ia menyebut bahwa sebelum menjadi PTN-BH, UB juga berkonsultasi kepada USU. 


“Kami PTN BH yang baru berdiri setahun ini bisa belajar lebih banyak bisa mengejar ketertinggalan dari PTN BH yang lain termasuk dari USU ini,” terangnya. 


Pada kegiatan ini dibahas mengenai pelaksanaan administrasi universitas tingkat rektorat, tata laksana administrasi dari sisi hukum yang berlaku di USU, serta kendala yang dihadapi USU setelh beralih menjadi PTN-BH. Sekretaris Universitas UB memperinci hal tersebut di antaranya mengenai bagaimana pengelolaan tenaga usaha, kehumasan, kearsipan, serta pengelolaan aset. 


“Karena dengan adanya PTN-BH, aset tidak lagi milik kita tapi oleh negara yang dipinjamkan kepada kita, jadi bagaimana USU melakukan itu sehingga kita tidak mengalami kesulitan dalam pengelolaannya,” jelas Dr. Setyono.


Sebagai informasi selain Universitas Brawijaya, sebelumnya USU telah menerima kunjungan benchmarking mengenai PTN-BH yang dilakukan oleh UIN Sunan Kalijaga kemudian UPI Bandung.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Prof.Dr.dr.Muhammad Fidel Ganis Siregar.M.Ked(OG),Sp.OG(K) - Sekretaris Universitas

Photographer: Humas - Humas

Berita
Tata Kelola

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?