A11Y

HOME

MENU

CARI

Festival Mayday 2024 Menguatkan Solidaritas Buruh di Sumut

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Festival Mayday 2024 Menguatkan Solidaritas Buruh di Sumut
WhatsappTwitterFacebook

"Oleh sebab itu, sangat pantas jika kami menyematkan slogan bahwa buruhku adalah pahlawanku kepada seluruh para buruh dimanapun berada dan mari kita berteriak bersama dengan semangat, tutur Hassanudin."


HUMAS USU - Pada Rabu, (8/5/2024), Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya Manusia dan Keuangan Universitas Sumatera Utara (USU), Dr. Muhammad Arifin Nasution, S.Sos., M.Sp menjadi perwakilan untuk menerima penghargaan di Festival Mayday (Hari Buruh Internasional) di Gedung Serbaguna Pemprovsu. Festival yang dihadiri oleh 72 serikat buruh Sumut ini mengusung tema "Kerja Bersama Wujudkan Pekerja Buruh yang Kompeten".


Pj. Gubernur Sumatera Utara, Mayor Jenderal TNI (Purn.) Dr. Hassanudin, S.I.P., M.M. menggarisbawahi pentingnya peringatan Hari Buruh Internasional sebagai momen untuk mengenang perjuangan panjang buruh dalam memperjuangkan hak-haknya. Beliau menegaskan bahwa pemerintah akan terus berkomitmen untuk melindungi hak-hak pekerja dan meningkatkan kesejahteraan buruh di Sumatera Utara.


“Oleh sebab itu, sangat pantas jika kami menyematkan slogan bahwa buruhku adalah pahlawanku kepada seluruh para buruh dimanapun berada dan mari kita berteriak bersama dengan semangat,” tutur Hassanudin.


Pj. Gubernur Sumatera Utara juga mengajak semua pihak, termasuk pengusaha dan serikat buruh, untuk bekerja sama dalam menciptakan lapangan kerja, kompetensi tenaga kerja, dan menjaga stabilitas ekonomi serta sosial. Baliau juga menyoroti pentingnya kerjasama antara pemerintah, pengusaha, dan serikat buruh dalam menghadapi dinamika ekonomi global.


“Kita harus berperan aktif menyediakan lapangan kerja dan untuk melatih keahlian tenaga kerja sehingga mereka dapat menghasilkan produk dan layanan serta bertanggung jawab atas pertumbuhan ekonomi mereka yang semakin baik,” tegas Hassanudin.


Ketua Panitia, Ahmadsyah Eben, dalam sambutannya menyampaikan bahwa perayaan Mayday ini merupakan hasil dari kolaborasi antara serikat buruh, Dinas Ketenagakerjaan Sumut, dan BPJS Ketenagakerjaan. Sebelum perayaan puncak, pada tanggal 1 Mei 2024, telah dilakukan dialog publik di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara.


“Forum dialog seperti ini, harus dikuatkan dan didukung penuh oleh sponsorship swasta dan negara. Dan tentunya, bukan hanya menjadi kegiatan ceremonial belakang, tapi untuk membangun komitmen bersama” jelas Ahmadsyah.


Dalam dialog tersebut, berbagai masalah terkait kebijakan ketenagakerjaan dibahas dengan tujuan mewujudkan kebijakan yang berpihak pada buruh Sumatera Utara..


Pada tanggal 7 Mei, telah dilaksanakan pembukaan job fair, pameran usaha kerja, dan diskusi publik. Job fair tersebut diikuti oleh 39 perusahaan dari berbagai sektor di Sumatera Utara. Total pelamar kerja yang datang secara langsung mencapai 812 orang, sementara yang mendaftar secara online mencapai 1.625 orang. Proses seleksi penerimaan dan penempatan masih dalam tahap finalisasi.


Puncak acara Festival Mayday 2024 diwarnai dengan berbagai kegiatan, termasuk penyerahan sejumlah penghargaan dan penghargaan prestasi kepada tokoh pemerintahan, kepolisian, TNI, kejaksaan, serta perusahaan dan pemerintah daerah tingkat Sumatera Utara. 


Perayaan Festival Mayday 2024 di Sumatera Utara tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan prestasi buruh, tetapi juga sebagai panggung untuk memperkuat solidaritas antara buruh, pemerintah, dan pengusaha dalam membangun Sumatera Utara yang lebih baik dan maju.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Mayor Jenderal TNI (Purn.) Dr. Hassanudin, S.I.P., M.M. - Pj. Gubernur Sumatera Utara

Photographer: Amri Simatupang - Humas

Berita
Pengabdian

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?