A11Y

HOME

MENU

CARI

Kuliah Umum Gubernur Lemhanas RI Bahas Pertahanan Global

Diterbitkan Pada10 September 2022
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
Kuliah Umum Gubernur Lemhanas RI Bahas Pertahanan Global
Copy Link
IconIconIcon

“Dua hal yang pertama optimisme, ke depan kita berada di momentum yang tepat bagi Indonesia melompat menjadi kekuatan pada ekonomi dunia, dan juga niat ketika fokus untuk bisa melakukan adopsi ekonomi biru, ekonomi hijau, transformasi digital,” jelas Gubernur Lemhanas.

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan kuliah umum Leadership General Lecturer Seriesyang merupakan salah satu rangkaian kegiatan menuju puncak Dies Natalis ke-70 tahun USU. Mengundang Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto sebagai pembicara kuliah umum sesi pertama, kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium USUpada Jumat (09/09/2022).


Mengusung tema "Penguatan Pertahanan Global dan Kebangkitan Ekonomi Indonesia sebagai Presidensi G20", Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si mengatakan tersebut dihadirkan untuk para mahasiswa dan seluruh peserta agar dapat memahami aspek-aspek strategis dalam penguatan pertahanan global serta upaya peningkatan ekonomi secara signifikan. Sehingga implementasinya diharapkan munculnya inspirasi dari mahasiswa untuk dapat menyesuaikan kemauan dan aktivitas selanjutnya.


Rektor menerangkan sehubungan dengan Presidensi G20 dan Dies Natalis ke-70, USU telah menyiapkan banyak diskusi menyambut G20 dan mahasiswa diharapkan memiliki willingness form berkaitan peran dan fungsi Indonesia pada gerakan tersebut.


“Kita sudah membuat banyak diskusi menyambut G20, dan mahasiswa diharapkan memiliki willingness form tentangG20 apa fungsi Indonesia dan apa kaitan yang akan mereka lakukan untuk itu,” katanya.


Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto menyampaikan beberapa poin penting, di antaranya tentang optimisme Indonesia menjadi kekuatan pada ekonomi dunia dengan momentum G20 kemudian tentang antisipasi kebijakan ekonomi karena Indonesia telah melalui titik-titik kritis dunia seperti pemulihan Covid, konflik Rusia-Ukraina, dan ketegangan antara Amerika dan China.


“Dua hal yang pertama optimisme, ke depan kita berada di momentum yang tepat bagi Indonesia melompat menjadi kekuatan pada ekonomi dunia, dan juga niat ketika fokusuntuk bisa melakukan adopsi ekonomi biru, ekonomi hijau, transformasi digital,” jelas Gubernur Lemhanas.


Materi pada kuliah umum ini sangat penting diberikan kepada mahasiswa karena, menurut Andi Widjajanto kuliah umum ini memiliki bayangan untuk berkarir dalam 20 tahun ke depan karena terdapat tantangan global dan perkembangan teknologi dalam berbagai bidang.


“Supaya mahasiswa memiliki bayangan ya, jika mereka belajar dan berkarir 20 tahun ke depantantangan mereka tantangan global mengenai mengikuti perkembangan teknologi dalam berbagai bidang,” tegasnya.


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Andi Widjajanto - Gubernur Lemhanas

Photographer: Muhammad Andriansyah dan Amri Simatupang - Humas

Berita
Pendidikan

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?