A11Y

HOME

MENU

CARI

Puncak Dies Ke-60 FKG USU: Tumbuh, Bersatu dan Tangguh

Diterbitkan Pada03 November 2021
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
Puncak Dies Ke-60 FKG USU: Tumbuh, Bersatu dan Tangguh
Copy Link
IconIconIcon

Rektor berharap FKG dapat meningkat inovasinya dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai mitra profesi dan mitra alumni. Hal ini penting untuk meningkatkan kredibilitas dan kemampuan dari institusi pendidikan, serta memperluas jaringan agar alumni dapat berkontribusi langsung bagi fakultas.

HUMAS USU - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Sumatera Utara mengadakan puncak peringatan Dies Natalis ke-60 dengan tema “FKG USU Tumbuh, Bersatu dan Tangguh”. Acara disiarkan melalui zoom meeting dan kanal youtube FKG USU, Rabu (03/11/2021).

Rektor USU Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi terhadap capaian yang telah diraih oleh FKG USU di usia ke-60.

“Selamat dies natalis ke-60 FKG USU ke-60. Di usia ini tentu banyak hal yang perlu menjadi evaluasi terhadap capaian dan prestasi yang telah diraih,” ucap rektor.

Rektor mengatakan, banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan pengembangan organisasi di tingkat fakultas dan pengembangan tri dharma perguruan tinggi.

FKG didorong untuk dapat mengadaptasi perubahan di ruang kelas sesuai dengan tagline USU yakni ‘Transformation Towards the Ultimate’. Menurut rektor, transformasi ini memberikan petunjuk agar bisa mengubah cara yang tidak lagi revelan dengan menyesuaikan perkembangan dunia industri.

“Ruang kelas harus jadi sebuah praktik pelaksanaan perguruan tinggi untuk menghasilkan riset, tulisan dan pengabdian pada masyarakat yang dapat memberikan jalan keluar dari persoalan masyarakat,” jelas Dr. Muryanto.

Rektor juga menegaskan agar fakultas melakukan pencatatan kinerja. Seluruh pengelolaan dan produk ilmiah harus tercatat dalam sistem digital yang dimiliki oleh universitas dan kementerian agar dapat dapat diklaim sebagai sebuah kinerja.

Rektor berharap FKG dapat meningkat inovasinya dengan melakukan kolaborasi dengan berbagai mitra profesi dan mitra alumni. Hal ini penting untuk meningkatkan kredibilitas dan kemampuan dari institusi pendidikan, serta memperluas jaringan agar alumni dapat berkontribusi langsung bagi fakultas.

“FKG diharapkan bisa memberikan inovasi baru untuk layanan kesehatan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Ciptakan program inovasi dan layanan kesehatan gigi yang dikemas secara interaktif dan menarik,” ujarnya.

Dekan FKG USU Dr. Essie Octiara, drg, SpKGA, menyampaikan laporan tahunan FKG USU 2021 serta capaian FKG hingga saat ini di berbagai bidang, yakni bidang akademik, riset dan inovasi.

Saat ini FKG memiliki 88 staf pengajar. “Jumlah pengajar ini akan terus ditambah setiap tahunnya, sehingga mahasiswa akan tercover dengan jumlah dosen yang memadai,” ucap Dr. Essie.

FKG USU juga akan meningkatkan sarana dan prasarana. Tahun depan ditargetkan akan membuka laboratorium terpadu FKG USU dan klinik integrasi. Tak hanya itu, FKG juga akan membuka program studi Bedah Mulut dan Maksilofasial.

Untuk mencapai target tersebut, Dekan berharap seluruh jajaran di fakultas dapat membangun kekompakan. “FKG USU diharapkan dapat menjadi FKG yang dihormati di Indonesia,” pungkasnya.

Image


Author: Bambang Riyanto - Humas

Interviewee: Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si - Rektor

Photographer: Irsan Mulyadi - Humas

Berita

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?