A11Y

HOME

MENU

CARI

Serah Terima Mahasiswa Baru PPDS MKK dan Subspesialis FK USU

Diterbitkan pada

Diterbitkan oleh

Bambang Riyanto

Serah Terima Mahasiswa Baru PPDS MKK dan Subspesialis FK USU
WhatsappTwitterFacebook

"Saudara-saudari akan dihadapkan pada berbagai tantangan baik dari segi akademis maupun praktis. Saudara akan mengasah keterampilan klinis, memperdaya pengantar medis, dan menghadapi berbagai kasus yang menuntut ketajaman diagnosa dan ketepatan dalam pengambilan keputusan, jelas WR I USU dalam sambutannya"

HUMAS USU - Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) gelar Serah Terima Mahasiswa Baru Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja (MKK) dan Subspesialis periode Agustus 2024. Berlangsung secara hybrid, dengan pertemuan langsung di Ruang Pertemuan FK USU dan sesi daring melalui Zoom, pada Jumat (09/08/2024).

Serah terima ini adalah langkah awal perjalanan yang akan membentuk para mahasiswa baru menjadi dokter-dokter spesialis yang profesional dan penuh empati. Dalam setiap diagnosis yang mereka buat, dalam setiap keputusan yang mereka ambil, akan tercermin nilai-nilai integritas, etika, dan dedikasi yang ditanamkan sejak hari pertama mereka diterima di FK USU.

Wakil Rektor I USU, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., menyambut para mahasiswa baru dengan penuh optimisme. Beliau menyoroti pentingnya peran mahasiswa dalam menjaga integritas selama menjalani pendidikan di program spesialis ini, terutama mengingat tantangan yang semakin kompleks dalam dunia kesehatan.

“Saudara-saudari akan dihadapkan pada berbagai tantangan baik dari segi akademis maupun praktis. Saudara akan mengasah keterampilan klinis, memperdaya pengantar medis, dan menghadapi berbagai kasus yang menuntut ketajaman diagnosa dan ketepatan dalam pengambilan keputusan," jelas Dr. Edy.

Menghadapi realitas yang ada, Wakil Rektor I USU mengingatkan bahwa isu etika, terutama terkait kekerasan seksual, menjadi perhatian serius di lingkungan akademik. USU berkomitmen untuk menindak tegas pelanggaran semacam itu, dengan sanksi berat termasuk dropout. Beliau menekankan pentingnya melaporkan segala bentuk perundungan atau kekerasan seksual, serta menjaga etika dan perilaku dalam setiap langkah pendidikan dan profesional mereka.

“Kalau ada bullying, perilaku kekerasan seksual, dan lain-lain. Silakan memberi laporan dan pengaduan. Kita akan berupaya untuk memberikan proteksi perlindungan bagi seluruh mahasiswa-mahasiswi,” tutupnya.

Acara serah terima ini merupakan tonggak awal bagi 114 mahasiswa PPDS dan 11 mahasiswa PPDS Subspesialis yang memulai pendidikan mereka di FK USU. Wakil Dekan I FK USU, Dr. dr. Delyuzar, M.Ked., Sp.PA(K) berharap para mahasiswa baru tidak hanya menjadi ahli di bidangnya, tetapi juga menjadi sosok teladan bagi masyarakat dan generasi penerus.

Berita
SDGs 4
SDGs
SDGs 3

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?