A11Y

HOME

MENU

CARI

Tim Asesor Sertifikasi Pustakawan, Uji Kompetensi Pustakawan USU

Diterbitkan Pada12 Juli 2024
Diterbitkan OlehBambang Riyanto
Tim Asesor Sertifikasi Pustakawan, Uji Kompetensi Pustakawan USU
Copy Link
IconIconIcon

“Saya mewakili Rektor USU menyampaikan terima kasih kepada tim asesor yang telah berkenan hadir untuk menguji kompetensi para pustakawan USU. Untuk mewujudkan ketersediaan sumber daya yang kompeten, andal, dan profesional di bidang perpustakaan," tutur Sekretaris Universitas.

 

HUMAS USU - Universitas Sumatera Utara (USU) sambut kedatangan Tim Asesor Sertifikasi Pustakawan dari Lembaga Sertifikasi Pustakawan dalam rangka Pelaksanaan Asesmen Sertifikasi Kompetensi Pustakawan Perpustakaan USU Tahun 2024. Berlangsung di Perpustakaan USU, pada Rabu-Jumat (10-12/07/2024).

Tim Asesor Sertifikasi Pustakawan dari Lembaga Sertifikasi Pustakawan terdiri dari 3 orang, yaitu Donni Yudha Prawira, S.Sos., M.I.Kom; Dr. Opong Sumiati, M.Si; serta Dra. Titiek Kismiyati, M.Hum

Sekretaris USU, Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar M.Ked(OG), Sp.O.G, Subsp.F.E.R., dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kedatangan tim asesor, yang bertujuan untuk menguji kompetensi pustakawan di USU. Beliau menekankan pentingnya ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional dalam menghadapi era transformasi layanan literasi dan investasi berbasis digital.

“Saya mewakili Rektor USU menyampaikan terima kasih kepada tim asesor yang telah berkenan hadir untuk menguji kompetensi para pustakawan USU. Untuk mewujudkan ketersediaan sumber daya yang kompeten, andal, dan profesional di bidang perpustakaan," tutur Prof. Fidel.

Berdiri sejak tahun 1970, Perpustakaan USU telah meraih berbagai penghargaan nasional dan internasional. Karena itu, Sekretaris USU berharap melalui asesmen ini, 12 Pustakawan USU yang mengikuti Ujian Kompetensi ini dapat mengukur dan mengevaluasi kompetensinya, mengetahui area yang perlu diperbaiki, serta mendapatkan pengakuan resmi atas keahlian mereka.

“Asesmen ini juga menjadi kesempatan untuk mendapatkan evaluasi dan rekomendasi yang baik dari para asesor, guna mengembangkan dan memperkuat perpustakaan USU ke depannya,” harap Prof. Fidel.

Sementara itu, Laila Hadri Nasution, S.Sos., M.P selaku Kepala Perpustakaan USU menyampaikan bahwa tahun ini, pihaknya mengajukan 12 pustakawan untuk mengikuti uji sertifikasi dan mereka telah mengikuti Bimbingan Teknis (BIMTEK) sebagai persiapan. Beliau berharap semua peserta tahun ini dinyatakan kompeten, sehingga sekitar 99% pustakawan Perpustakaan USU sudah tersertifikasi.

"Intinya semangat saja, mudah-mudahan bisa dilalui uji kompetensi ini. Karena asesornya baik-baik semua, kami juga mohon arahan dan pimpinan dari bapak ibu asesor," ungkap Laila.

Dr. Opong Sumiati, M.Si menjelaskan bahwa kompetensi merupakan akumulasi dari pengetahuan yang didapat dari pendidikan formal dan non-formal serta pengalaman kerja. Beliau menekankan pentingnya memilih klaster yang sesuai dengan pekerjaan sehari-hari para pustakawan, sehingga tidak perlu menghafal, tetapi cukup mengumpulkan bukti kompetensi.

"Sertifikasi ini diperlukan untuk karir dan meningkatkan reputasi instansi tempat bekerja. Jangan takut ya, silahkan fokus menyampaikan bukti kompetensi yang dimiliki.," ujar Dr. Opong.

Fitur Aksesibilitas

  • Grayscale

  • High Contrast

  • Negative Contrast

  • Text to Speech

icon

Universitas Sumatera Utara

Online

Halo, Ada Yang Bisa Saya Bantu?